17 September Anggota DPRK Kota Sorong Periode 2024-2029 Dilantik

Sorong, PbP – DPRK Kota Sorong, saat ini tengah melakukan persiapan dalam rangka pelantikan anggota DPRK periode 2024-2029, hasil Pemilu Legislatif tahun 2024.

Sekretaris DPRK Kota Sorong, Sara A. Konjdol, SE.,MM

Sekretaris DPRK Kota Sorong, Sara A. Konjdol, SE.,MM
Sekretaris DPRK Kota Sorong, Sara A. Konjdol, SE.,MM

mengatakan, persiapan yang dilakukan berupa anggaran dan teknis pelaksanaan pelantikan/pengambilan sumpah janji para wakil rakyat terpilih.

 

Ia menyebutkan, khusus untuk anggaran pelaksanaan pelantikan, sudah disahkan oleh dewan tinggal menunggu realisasi.
“Anggarannya sudah ada disiapkan, tinggal nanti kontrak jalan maka sudah bisa terealisasi,” ujar Sara, saat diwawancarai awak media di ruang kerjanya, belum lama ini.

Kemudian secara teknis, ia menjelaskan dalam waktu dekat ini, antara bulan Juni atah Juli, pihaknya akan segera menyurat ke KPU Kota Sorong guna meminta nama-nama yang telah ditetapkan sebagai anggota dewan terpilih pada Pemilu legislatif tahun 2024.

Selanjutnya, berdasarkan nama-nama itu, dewan akan menyurat ke Walikota untuk menerbitkan surat pengantar ke gubernur dalam rangka penerbitan SK bagi anggota DPRK Kota Sorong periode 2024-2029.

“Secara anggaran kita sudah siap, kemudian secara teknis saya pikir kami setiap periode selalu laksanakan itu, kemudian saya sendiri dari pegawai sampai sekarang sekwan sudah beberapa kali menggelar acara pelantikan anggota dewan, jadi tidak terlalu ada masalah,” sebut Sara.

Kantor DPRK Kota Sorong
Kantor DPRK Kota Sorong

Sara mengakui, pelantikan kali ini agak sedikit berbeda dari periode-periode sebelumnya. Hal ini dikarenakan akan ada penambahan anggota dewan dari jalur pengangkatan atau yang disebut kelompok khusus.

Pihaknya, lanjut Sara, sampai saat ini belum mengetahui secara pasti sejauh mana tahapan yang dilakukan pemerintah daerah bersama Panitia seleksi, dalam rangka proses rekrutmen anggota DPR Otsus tersebut.

Hanya saja, Sara menyebut jika mengacu pada jadwal yang ditetapkan dewan, pelantikan anggota DPR hasil Pemilu akan dilakukan secara bersama-sama dengan anggota DPRK dari jalur pengangkatan.

Ia menyebut, pihaknya sudah menetapkan jadwal pelantikan anggota DPRK Kota Sorong periode 2024-2029 yang akan digelar pada tanggal 17 September 2024.

“Kita agendakan (pelantikan) tanggal 17 September 2024. Mekanisme pelantikan akan dibawah dalam Paripurna kemudian akan diambil sumpah oleh Ketua Pengadilan Negeri Sorong. Pelantikan dilakukan bersamaan antara anggota DPR hasil Pemilu dan DPR Otsus,” sebut Sara.

Diakhir penyampaiannya, Sara mengaku berharap semua pihak mendukung rencana pelantikan tersebut, sehingga bisa terlaksana sesuai jadwal yang ditetapkan.

Hal ini penting agar tidak mengganggu agenda kedewanan dan tentu tidak menghambat proses pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat Kota Sorong. [JOY]

Please follow and like us:
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *