2019, Setwan Kembalikan Dana Rp 21 Milyar

Manokwari, PbP – Sekertariat Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi Papua Barat (DPR-PB) mengembalikan anggaran sebesar Rp 21 milyar ke kas daerah yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun 2019 lalu.

Pelaksana harian (Plh) Sekertaris DPR Papua Barat, Mezak Sraun,S.IP.,M.AP kepada Papua Barat Pos di ruang kerjanya, Senin (13/1) menjelaskan, anggaran milyaran rupiah itu terpaksa dikembalikan ke kas daerah, dikarenakan ada sejumlah agenda kedewanan yang tidak dilaksanakan.

Ia menekankan, hal tersebut bukan faktor sengaja, bukan juga karena pimpinan dan anggota DPR Papua Barat malas melaksanakan tugas kedewenan yang sudah ditetapkan dalam pembahasan badan musyawarah DPR Papua Barat selama tahun 2019.

“Tetapi karena terjadi aksi demo damai yang terjadi pada tanggal 19 Agustus 2019, mengakibatkan kantor DPR Papua Barat yang beralamat di Jalan Siliwangi terbakar habis, sehingga anggota dewan tidak bisa melaksanakan tugas,” kata Mezak.

Selain itu, lanjut dia, juga terjadi masa kampanye pemilu serentak tahun 2019, sehingga sebagian pimpinan dan anggota PR Papua Barat berada di daerah pemilihan (Dapil) bersama konstituennya, dalam rangka berkampanye.

“Bersamaan juga dengan masa transisi berakhirnya anggota DPR Papua Barat periode 2014-2019, sehingga kegiatan yang masuk agenda kedewanan tidak berjalan baik, karena itu anggaran tersebut kami kembalikan ke kas daerah,” ujarnya.

Namun Sraun menegaskan bahwa, pengembalian dana puluhan milyar itu tidak membuat pihak eksekutif mengurangi atau memotong anggaran kegiatan DPR Papua Barat pada masa jabatan 2019-2024.

“Seharusnya ditambah supaya para anggota DPR Papua Barat lebih semangat melaksanakan tiga tugas dan fungsinya. Karena itu, saya harap kepada semua anggota DPR Papua Barat, untuk hadir dalam rapat penetapan jadwal kegiatan tahun 2020 nanti,” pungkasnya. [ARS-MJ]

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *