29 Jamaah Calon Haji di Raja Ampat Dibimbing Manasik

Waisai, PbP –  Kantor kementerian agama Raja Ampat, menggelar bimbingan manasik haji bagi 29 calon jamaah haji, yang akan berangkat ke Tanah Suci Mekkah tahun 2019.

Ke 29 calon haji ini, mendapatkan bimbingan di Kantor Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Waisai, Raja Ampat, Senin (17/6).

Di depan calon haji, Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati, SE menuturkan, selaku kordinator urusan calon haji daerah, setiap kepala daerah bertanggung jawab memberikan bimbingan, sebelum berangkat. Hal ini, kata bupati, diatur dalam Undang-undang nomor 17 tahun 1999 juga Keputusan Menag RI nomor 396 tahun 2003, tentang penyelenggaraan haji dan umroh.

“Untuk itu, penyelenggaraan ibadah haji adalah tugas nasional dan komitmen pemerintah, jadi jaminan atas hak warga negara melakukan ibadah sesuai agama dan juga keyakinan masing-masing. Tujuan dari bimbingan ini, supaya jamaah calon haji semakin mapan sebelum berangkat,”ujar bupati.

Bupati berharap, seluruh jamaah calon haji Raja Ampat yang akan berangkat ke tanah suci, dapat mengikuti ibadah haji/manasik haji secara baik, serta sungguh-sungguh sesuai syariat agama. Dimana, kata bupati, jamaah harus mengutamakan hal-hal yang wajib dari pada hal sunnah, sehingga akan memperoleh haji mabrur atau haji yang diterima Allah.

“Saya sangat berharap, agar para jamaah calon haji dapat mengikuti ibadah haji ini secara baik dan bersungguh-sungguh. Sehingga ada bekal di dalam menunaikan rukun ibadah haji secara sempurna, sebelum berangkat menuju ke tanah suci Mekkah, Arab Saudi,”harap bupati sebelum mengakhiri sambutan.

Sementara itu, ketua panitia, H. Salim Alhamid menjelaskan, tujuan utama dilakukan bimbingan bagi para jamaah calon haji ini, agar mendapatkan satu bekal ketika berada di tanah suci nanti. “Kemudian mereka (jamaah, red) supaya dapat melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji dengan aman dan lancar,”singkatnya. [TLS-HM]

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *