Agustinus: Pemekaran Lima Provinsi Untuk Siapa?

Kumurkek, PbP – Luas wilayah Tanah  Papua yang ukurannya tiga kali lebih luas dari pulau Jawa layak untuk dimekarkan untuk menjadi lima provinsi. Namun jika dilihat dari jumlah penduduk, Tanah Papua tidak butuh lima provinsi.

Demikian disampaikan salah satu Tokoh Masyarakat Kabupaten  Maybrat, Agustinus B. Dikatakan, jika Tanah Papua dimekarkan menjadi lima provinsi denagn tujuan untuk memperpendek rentang kendali , itu untuk siapa. “Jumlah penduduk di Tanah Papua tidak banyak. Nah, kalau Tanah Papua dimekarkan menjadi lima provinsi, itu untuk siapa. Kami tidak butuh lima provinsi, karena kami orang Papua sedikit,”kata Agustinus kepada papua barat Pos, kemarin.

Agustinus menduga jika pemerintah pusat menginginkan Tanah papua dimekarkan, berarti ada ‘target’ tertentu. Oleh  karena itu, Agustinus berharap  agar masyarakat Papua menolak  penambahan Daerah Otonomi Baru (DOB) di Tanah Papua. “Sepertinya ada ‘target’ Jakarta  mengubah komposisi penduduk asli Papua ,”ujar Agustinus. Dijelaskan,  jika Tanah Papua dimekarkan  menjadi lima provinsi , Tanah Papua akan dipadati oleh pendatang yang akan mencari pekerjaan.

“Jumlah orang Papua di Kota Sorong saja 15 persen dari penduduk yang ada. Jangan  kaget kalau anggota DPRD anak asli Papua sudah mulau susut dilembaga itu. Menurut  saya  pemekaran lima  provinsi sangat tidak sesuai dengan persyaratan pemekaran dan  kondisi sumber daya manusia dan hanya menjadi kepentingan bisnis kapitalis yang membuat orang Papua akan termarjinalkan. Program pemekaran Papua menjadi 5 provinsi tidak membawa keuntungan apa-apa bagi orang asli Papua . Dampaknya bisa saja  kea rah genosida perlahan dan pasti,”ujarnya. [CR24-DR]

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *