Apresiasi Kegiatan Makan Sumbang, Pj Walikota Janji Iman Rp. 100 Juta

Sorong, PbP – Pj Walikota Sorong Septinus Lobat, SH.,MPA menghadiri kegiatan makan sumbang yang digelar panitia pembangunan gedung baru gereja St. Yoseph Freinademetz Malasilen, Sabtu (15/06/2024).

Pj Walikota Sorong Septinus Lobat, SH.,M.PA saat hendak menghadiri acara makan sumbang di Gereja St. Yoseph Freinademetz Malasilen, Sabtu (15/06/2024). FOTO/JOY
Pj Walikota Sorong Septinus Lobat, SH.,MPA saat hendak menghadiri acara makan sumbang di Gereja St. Yoseph Freinademetz Malasilen, Sabtu (15/06/2024). FOTO/JOY

Kegiatan makan sumbang dikemas dalam budaya adat Papua, dengan menghadirkan menu makanan lokal berupa makanan kebun dan daging olahan hasil bakar batu (Barapen). Kegiatan digelar panitia dalam upaya pencarian dana, untuk menyelesaikan tahapan finishing pembangunan gedung baru gereja St. Yoseph Freinademetz Malasilen.

Dalam sambutannya, Pj Walikota mengaku sangat mengapresiasi inisiatif kegiatan yang digelar panitia dengan menghadirkan menu makanan khas Papua, yakni makanan kebun seperti kasbi (singkong), petatas (ubi jalar), pisang, keladi, jagung, serta sayur-sayuran hingga daging olahan hasil bakar batu (Barapen).

Ia menyebut kegiatan tersebut sangat unik dan bermanfaat, khususnya dalam merawat tradisi dan budaya lokal Papua. Pada kesempatan itu, Pj Walikota bahkan menitipkan pesan bagi para calon gubernur, bupati maupun walikota, agar kedepan makanan lokal Papua wajib disajikan di semua restoran, hotel hingga rumah-rumah makan.

Hal ini penting agar siapa saja yang datang ke Papua bisa mengetahui dan menikmati langsung makanan khas lokal Papua, sekaligus memberikan impak bagi pertumbuhan ekonomi dan pelestarian tradisi dan budaya lokal.

“Saya sangat mengapresiasi inisiatif panitia yang telah menggelar kegiatan dengan menghadirkan makanan lokal Papua seperti ini. Saya titip pesan buat yang mau maju (calon kepala daerah di Papua), kalau bisa di semua restoran, hotel dan rumah makan wajib sediakan makanan lokal. Supaya orang-orang yang datang ke Papua tahu makanan lokal kita,” ujar Pj Walikota.

Pada kesempatan itu, ia juga mengaku sangat memahami kearifan lokal Papua, yang tidak bisa terlepas dari masalah religi. Jika berbicara Papua, maka bicara keagamaan, bicara religi. Sehingga pola-pola pendekatan dalam pembangunan harus mengedepankan religious approach (pendekatan keagamaan).

Tampak gedung lama dan gedung baru gereja katolik St. Yoseph Freinademetz, di Jln TPU Km 10 Masuk, Kota Sorong
Tampak gedung lama dan gedung baru gereja katolik St. Yoseph Freinademetz, di Jln TPU Km 10 Masuk, Kota Sorong

Sebagai bentuk apresiasi atas inisiatif panitia menjaga tradisi dan budaya leluhur, juga sebagai wujud konsistensi respeknya kepada lembaga keagamaan, yang menjadi pilar penting penyelenggaraan pemerintahan, secara pribadi ia menyampaikan janji iman (sumbangan) untuk pembangunan gedung baru gereja St. Yoseph Freinademetz sebesar Rp 100 juta.

“Saya janji iman, pribadi dari keluarga Lobat sebesar 100 juta rupiah,” ucap Pj Walikota disambut tepuk tangan meriah dari tamu undangan dan semua umat katolik yang hadir.

Diakhir penyampaiannya, ia mengimbau kepada seluruh umat Katolik di Kota Sorong, untuk terus meningkatkan iman dan kasih kepada Tuhan dan sesama, serta turut membantu pemerintah, dalam mewujudkan Kota Sorong yang maju, sejahtera dan damai.

Sementara Ketua Panitia Kegiatan Makan Sumbang Gereja St. Yoseph Freinademetz, Yohanes Sole menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pj Walikota Sorong, atas kerelaannya untuk menderma demi kelanjutan pembangunan gedung baru gereja mereka.

Sebagai bagian dari masyarakat Kota Sorong, ia mengaku pihaknya akan terus mendukung kebijakan dan program pembangunan yang dicanangkan pemerintah, dalam rangka menghadirkan kebaikan-kebaikan ditengah masyarakat.

“Tentu apresiasi dan terimaksih kami sampaikan kepada semua pihak, terkhusus Pj Walikota Sorong yang sudah mendermakan rejekinya untuk kami, sehingga kami bisa melanjutkan pembangunan gedung gereja kami. Sebagai masyarakat kami akan selalu mendukung program pemerintah dalam rangka menghadirkan kebaikan bagi semua orang,” singkat Sole saat diwawancarai usai kegiatan. [JOY]

Please follow and like us:
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *