Bantah Banyak Kapal Nakal, KPP Sorong Klaim Laut Sudah Aman

Sorong, PbP – Wali Kota Sorong Drs Lambert Jitmau telah memberlakukan kembali karantina wilayah, dengan menutup operasional Bandara Deo dan Pelabuhan Sorong untuk penumpang komersil. Hal ini bertujuan guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Namun pada kenyataannya, masih banyak kapal motor maupun speed boat yang masih melawan kebijakan wali kota tersebut.

Terkait masih banyaknya kapal motor dan speed boat nakal itu, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Sorong, Umar Fahmi, S.KM, M.MKE membantahnya dengan mengatakan sampai saat ini pihaknya belum mendapatkan keluhan ataupun laporan dari pelabuhan, baik itu pelabuhan rakyat, usaha mina, dan perikanan.

Dirinya juga mengatakan, untuk memastikan tidak ada kapal motor dan speed boat yang keluar masuk tanpa izin, pihaknya bersama pihak Lantamal XIV rutin melalukan patroli di sepanjang perairan Kota Sorong.

“Kami dari KKP selalu melakukan koordinasi dengan aparat keamanan untuk menjaga wilayah perairan di Kota Sorong. Hal ini bertujuan agar tidak ada kapal motor dan speed boat yang lepas dari pantauan kami. Saya juga bisa pastikan kalau tidak ada kapal nakal yang masuk ke wilayah Kota Sorong, karena setiap Kapal yang akan masuk, akan kami mintai dokumen lengkapnya, termasuk kapal yang mengangkut orang sakit,” jelas Umar yang ditemui di ruang kerjanya, Selasa (7/7).

Secara pribadi, Umar mengatakan bahwa KKP telah melaksanakan aturan yang ada sesuai dengan regulasinya, baik itu secara UUD maupun dari surat edaran satgas covid-19.

“Kami dari KKP selalu berusaha optimal dalam menjaga regulasi dan aturan di laut. Bahkan semua speed boat dari Waisai yang masuk ke Sorong juga kita data dan pantau, apalagi wilayah kerja kami sampai disana. Meskipun memang, harus saya akui kalau kami tidak punya data speed boat maupun kapal motor yang datang dari luar wilayah hukum kami, apalagi masyarakat yang mengunakan perahu katinting,” tuntas Umar. [CR34-SG]

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *