Bawaslu Fakfak Akan Awasi Proses Verfikasi Berkas Syarat Dukungan Balon Independen

Fakfak, PbP Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Fakfak akan mengawasi proses verifikasi berkas syarat dukungan pasangan bakal calon (balon) Independen atau perseorangan.

Hal itu disampaikan Ketua Bawaslu Kabupaten Fakfak Fachry Tukuwain saat ditemui Papua barat Pos di ruang kerjanya, Selasa (14/1).

“Jadi pada saat proses verifikasi oleh KPU, atas kelengkapan dukungan yang diserahkan oleh bakal calon perseorangan, tentu Bawaslu akan melakukan pengawasan melekat pada tim verifikator KPU,”ujarnya.

Sebelumnya, KPU Kabupaten Fakfak  telah menetapkan jumlah minimal dukungan untuk calon kepala daerah pada Pilkada 2020.

Dimana keputusan KPU Fakfak menetapkan bahwa batas minimum jumlah dukungan untuk pasangan calon adalah 10 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019 yaitu 51,783 dukungan dan tersebar lebih 50 persen di 9 distrik dari 17 distrik yang ada di Kabupaten Fakfak.

Sementara untuk calon perseorangan yang akan meminta dukungan masyarakat, harus menggunakan format surat dukungan dari KPU dan format dukungan tersebut dapat dilihat di website KPU, yang mana surat dukungan harus disertai dengan fotocopy KTP elektronik penduduk yang bersangkutan. [MON-MJ]

Please follow and like us:
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *