Belajar Berkontribusi untuk Sesama

Sorong, PbP – Di tengah candunya gadget yang membuat kawula muda menghabiskan waktunya untuk diri sendiri, para pemuda di komunitas ini lebih memilih untuk berbagi. Mereka berpandangan banyak kegiatan positif dan berdampak besar bagi lingkungan sekitar yang bisa dilakukan.

Komunitas Papua Berbagi namanya. Komunitas yang telah ada sejak tahun 2017 ini sudah banyak menorehkan senyum buat anak-anak asli Papua, terlebih khusus yang berada di daerah kampung Salak dengan berbagi. Entah berbagi senyuman, keceriaan, kepunyaan, ilmu, dan lain-lain. Bahkan, tempat tersebut pernah di datangi oleh Presenter Kondang dengan acaranya Mata Najwa, Najwa Shihab ketika berkunjung ke Sorong.

Founder Papua Berbagi, Mega Rhefra ketika di wawancarai Papua Barat Pos via whats app beberapa waktu lalu berkata, awal mula berdiri adalah, karena kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa pada tahun 2017. Yang olehnya kemudian ia melanjutkan sampai sekarang karena pada saat itu anak-anak disana kondisinya tidak bersekolah, bahkan ada yang sampai putus sekolah.

Ia juga menyebutkan, alasan mendirikan komunitas ini adalah untuk berbagi apa yang ia serta rekan-rekannya bisa dan menebar manfaat kepada sesama manusia. Kegiatan positif yang telah pihaknya lakukan di sana antara lain mengajar membaca, menulis dan berhitung, yang mana progresnya dimulai dari mereka yang tidak bisa kesemuanya sama sekali.

“Anggota di komunitas ini terdiri dari kalangan mahasiswa, guru, bahkan aparat kepolisian dan lain sebagainya. Jika ada yang tertarik bergabung dapat mengisi form app di bio Instagram Papua Berbagi. Siapapun juga mendaftar asalkan ingin dan mau bergerak bersama,” ucap Mega.

Telah berjalan selama kurang lebih tiga tahun, ia mengakui juga mengalami kendala selama menjalankan komunitas. Sepertu terkadang anak-anak tidak ada, karena mereka pergi untuk membantu orang tua berjualan di pasar ataupun mencari ikan.

Meski begitu, ia mengungkapkan respon warga sekitar baik dan sangat mendukung kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh komunitas Papua Berbagi. “Harapannya, semoga anak-anak dapat terus belajar dan bisa mengambil hal-hal baik dari kegiatan yang kami lakukan,” tutupnya. [CR35-SF]

Please follow and like us:
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *