BPKAD Kabsor Gelar Bimtek SIMDA-NG

Pemerintah Kabupaten Sorong melalui Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Bimbingan teknis (Bimtek) penatausahan keuangan daerah bagi Pejabat Penatausahan Keuangan (PPK) dan bendahara pengeluaran di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sorong melalui aplikasi SIMDA-NG financial manajemen Information (FMIS) tahun 2023. Digedung ACC, Selasa (21-2-2023). Kegiatan berlangsung selama tiga hari 21-23.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi, Pj Bupati Kabupaten Sorong, Yan Piet Moso. didampingi Kepala BPKAD Kabupaten Sorong, Efer Segidifat, Pj bupati mengatakan, manajemen keuangan berbasis aktual merupakan salah satu ciri dari praktik manajemen keuangan modern.

“Melalui aplikasi SIMDA-NG memberikan informasi yang lebih transparan mengenai segala pembiayaan. Sehingga Pemda dituntut untuk mengelola pemerintahan dengan baik,” kata Pj Bupati.

Melalui bimtek SIMDA-NG ini, diharapkan penataan manajemen keuangan, penggunaan anggarannya harus dilaksanakan secara sehat, efisien, efektif, transparan, akuntabel dan auditabel yang ditunjang dengan fungsi pengawasan yang baik.


Pj menjelaskan, ada beberapa strategi yang harus dilakukan guna mencapai pengelolaan keuangan daerah yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel, diantaranya melakukan perencanaan dan pengendalian atas penyelenggaraan pemerintahan.

“Seluruh OPD diharapkan dapat memahami proses pengelolaan APBD yang terintegrasi sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku,” Ujarnya Pj.
Menurutnya,aplikasi SIMDA-NG ini hanyalah sebagai alat bantu, tentunya kedisplinan penguna aplikasi yang paling penting.

Ia menyarankan, kepada peserta untuk bertanya kepada narasumber apa saja yang belum diketahui,sehingga nantinya apa yang didapat dari kegiatan Bimtek bisa diaplikasikan dengan baik dan benar di tempat kerja masing-masing.

“Kabupaten Sorong boleh tua, tapi tidak boleh tertingal dari kemajuan. Oleh karena itu, Bendahara pengeluaran dan gaji harus dapat mengaplikasikan SIMDA-NG,” ujar Pj.
Kegiatan Bimtek aplikasi SIMDA-NG tersebut menghadirkan narasumber dari Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Papua Barat, Ahmad Afrizal.

Peserta yang mengikuti Bimtek aplikasi SIMDA-NG,seluruh bendahara organisasi perangkat daerah (OPD) jajaran Pemkab Sorong.

Untuk diketahui, Aplikasi Simda Next-G berbasis Web atau lebih dikenal dengan Financial Management Information System (FMIS) merupakan hasil pengembangan aplikasi SIMDA oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) yang merupakan pengembangan dari Simda sebelumnya untuk mengakomodir berbagai dinamika dan perkembangan dalam tata kelola keuangan pemerintah daerah. [MPS]

 

Please follow and like us:
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *