BPN Lakukan PTSL Secara Gratis

Sorong, PbP – Badan Pertanahan Nasional  (BPN) melakukan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), dimana objeknya adalah lahan yang benar-benar belum bersertifikat, di tahun 2020 ini. PTSL oleh BPN ini dilaksanakan di 4 kelurahan, dengan target 204 bidang.

Kabag TU Kantor BPN Kota Sorong, Bagus Aryadi kepada Papua barat Pos di ruang kerjanya, Rabu (21/10) membenarkan adanya PTSL untuk 204 bidang tanah di 4 kelurahan.

“Kalau ikut target, seharusnya ada lebih banyak lahan di PTSL oleh BPN. Namun karena adanya pandemi ini, kami terpaksa mengalihkan sejumlah anggaran untuk penanggulangan Covid-19,” kata Bagus

Dijelaskan Bagus, di tahun 2020 pihaknya juga melakukan redistribusi tanah yang objeknya berupa tanah yang sudah memiliki AJB (Akta Jual Beli) yang merupakan tanah bekas wilayah hutan.

“Target tahun ini 750 bidang dan BPN telah melakukan penyeluhan ke masyarakat. Dalam waktu dekat ini kita akan melihat antusiasme masyarakat dulu, apalagi kegiatan ini gratis,” kata Bagus.

Dikatakan Bagus, BPN juga sangat bersyukur atas upaya Pemerintah kota Sorong dalam menggratiskan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), yang akan berpengaruh terhadap animo masyarakat di masa pandemic.

“Selanjutnya, Pemerintah Kota Sorong juga memberikan anggaran untuk proda dengan target 250 bidang tanah yang dibagi atas 100 bidang untuk instasi pemerintah, 100 bidang untuk masyarakat yang belum bersertifikat, dan 50 bidang untuk rumah ibadah. Untuk saat ini berkas yang telah diterima BPN dari istansi pemerintah berjumlah kurang lebih 40 bidang tanah, masyarakat 70 bidang tanah, dan untuk rumah ibadah 18 bidang tanah,” beber Bagus.

Bagus menambahkan, terkait program tersebut pihaknya telah melakukan penyuluhan ke 8 distrik dan berharao masyarakat dapat segera melengkapi dokumennya, sebelum penutupan anggaran. [EKA-SG]

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *