Cek Bapok Jelang Idul Fitri, Disperindagkop Sorsel Sidak

Teminabuan, PbP – Guna menjaga stabilitas harga sembilan bahan pokok di bulan suci Ramadhan dan menyambut hari raya Idul Fitri 1442 H, Pemda Kabupaten Sorong Selatan turun lapangan. Melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperadi dan Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kabupaten Sorong menggelar sidak bersama aparat TNI-Polri ke sejumlah pasar di wilayah Sorong Selatan.

Sidak yang dipimpin Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan, Yan Piter Tugarefai, SE, mengecek stabilitas dan ketersediaan 9 bahan pokok menjelang hari raya Idul Fitri. “Ini hari ke enam kami melakuakan Sidak Pengecekan barang kadaluarsa, harga bapok, dan stok, bapok di Distrik Moswaren kabupaten Sorong Selatan,” ungkap Yan Piter Tugarefai, SE kepada media ini.

Selain itu, kata Yanpiter pengecekan barang kadaluarsa, harga bapok dan stok bapok di Toko dan kios yang ada di Satuan Pemukiman (SP) I dan II, di Distrik Moswaren yang menjual 9 Bahan pokok. Saat melakukan sidak, lanjut Yan Piter, stok bahan pokok terpantau aman dan estimasinya mencukupi kebutuhan hingga Idul Fitri.

“Harga bahan pokok termonitor relatif stabil. Sedangkan harga komoditas bahan yang lainya seperti cabe rawit merah masih tinggi sekitar Rp 120.000,00/kg pada hal normal Rp 70.000,00/kg. Ada juga kita temukan barang kadaluasa yang disita sekitar 11 kilo antara lain minuman sachet, makanan ringan, bumbu- bumbu  dapur sachet dan minuman ringan seperti Sprite, Bicola, dan 9 bapok lainya yang kami temukan sudah kadarluasa,”ucapnya.

Menurutnya, sidak ini dilakukan sesuai amah UU Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah dan  UU No 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen.  “Undang-undang ini mengatur secara rinci tentang pemberian perlindungan kepada konsumen dalam rangka pemenuhan kebutuhannya sebagai konsumen. Kita himbau masyarakat kalau mau jualan dan belanja apa di supermarket atau pasar, benar-benar memperhatian masa kedaluarsa barang  agar kita terhindar dari hal yang tidak dinginkan bersama,” tambahnya.(ESE)

Please follow and like us:
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *