Danggu Wea: Hargai Pilihan dan Tetap Jaga Persaudaraan

Sorong, PbP – Situasi politik, keamanan dan sosial menjelang pelaksanaan Pemilu serentak 14 Februari 2024, terasa sudah mulai meningkat. Perbedaan pilihan dalam kontestasi Pemilu menjadi salah satu hal yang memicu keterbelahan di masyarakat.

Hal ini tentu perlu disadari dan diantisipasi bersama, sehingga tidak menimbulkan gangguan kamtibmas yang justru akan mengganggu pelaksanaan Pemilu itu sendiri.

Tokoh masyarakat Papua Pegunungan Tengah di Kabupaten Manokwari Provinsi Papua Barat, Danggu Wea menegaskan, masyarakat harus bijak dalam menyikapi dinamika yang terjadi, serta harus dewasa dalam melakoni sikap-sikap politik di tengah situasi yang ada.

Perlu adanya kesadaran bersama untuk saling menghargai sikap dan pilihan politik antar sesama masyarakat. Hal ini, kata dia bisa menjadi modal dasar agar Pemilu yang aman jujur dan adil bisa terlaksana sehingga output yang dilahirkan pun sesuai dengan harapan bersama.

“Pemilihan umum sudah dekat, tidak ada waktu lagi, mungkin tinggal beberapa hari kedepannya. Kepada bapak ibu, tokoh masyarakat, tokoh perempuan dan pihak keamanan mari kita bersama-sama menjaga Pemilu ini, untuk tidak ada Provokasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang membuat hubungan menjadi renggang antara teman, saudara atau keluarga,” ujar Danggu.

Ia menekankan sesuai asas Pemilu kita, maka pilihan boleh saja berbeda, sikap politik, bahkan ideologi boleh saja berbeda, namun persatuan dan kesatuan serta persaudaraan sesama anak bangsa harus menjadi hal utama yang dijaga bersama.

“Baiknya kita memilih sesuai dengan hati nurani. Dimana Politik ini ada yang memikirkan keuntungan sesaat, namun ada juga yang memikirkan masa depan. Pilihan boleh saja berbeda namun kita wajib untuk saling menghargai, sehingga persatuan dan persaudaraan yang ada tetap terjaga demi kenyamanan dan keamanan kita bersama,” ucap Danggu.

Pada kesempatan itu, ia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat di Manokwari, Papua Barat dan tanah Papua pada umumnya untuk dapat menggunakan hak pilihnya dengan baik. Satu suara yang kita berikan tentu sangat berarti bahkan bisa menjadi penentu masa depan bangsa ini.

“Mana yang kita pilih, silahkan masyarakat pilih sesuai hati nurani, yang mana saat ini partai jumlahnya 18 Partai Politik, jangan sampai tidak memilih atau Golput,” pesan Danggu.

Ia juga mengimbau kepada para caleg, partai politik, serta semua elemen lainnya agar bisa memelihara situasi yang aman dan kondusif ini, hingga pelaksanaan Pemilu nanti berjalan sukses. Tidak perlu menyebarkan informasi yang sifatnya provokatif dan hoax yang dapat mengancam stabilitas keamanan.

“Jangan sampai ada konflik, semoga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di TPS-TPS yang ada, sehingga kita semua wajib menjaga situasi keamanan,” pungkasnya. [JOY]

Please follow and like us:
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *