Demi Kemanusiaan, KMBKS dan Gereja Nazareth Peduli Dampak Wabah Covid-19

Sorong, PbP – Wabah Corona Virus Disease (Covid-19) telah membuat semua sisi kehidupan masyarakat menjadi terganggu. Dalam kondisi yang demikian, uluran tangan dari warga yang berkebutuhan lebih sangat diharapkan. Meskipun Kerukunan Masyarakat Batak Kota Sorong (KMBKS) terkena dampak pula, namun sisi kemanusian membuat warga keturunan Batak melupakan sejenak kesulitan yang dialami sendiri dengan membantu masyarakat yang sangat membutuhkan.

Tercatat ada sembilan panti asuhan yang ada di Kota Sorong didatangi untuk memberikan bantuan kemanusiaan berupa beras, supermi, minyak goreng, sabun cuci tangan, gula dan teh. Tidak hanya panti asuhan yang didatangi, pengurus KMBKS pun turut memberikan support langsung kepada tenaga medis yang tergabung dalam Satgas Covid-19 di RSUD Sele Be Solu Kota Sorong yang sedang berjibaku digarda terdepan untuk menyelamatkan warga yang terpapar virus mematikan tersebut.

Ketua Umum KMBKS ,Tagor Manurung usai memberikan bantuan sembako ke Panti Asuhan Emeyodere Kota Sorong menyampaikan kegiatan yang masyarakat Batak lakukan ini, betul-betul ikhlas dan murni sebagai bentuk kepedulian terhadap misi kemanusiaan. Dalam kegiatan ini, sambung dia, KMBKS bergandengan tangan dengan Gereja Nazareth. “Tadinya ,kami berencana membuat kegiatan yang lebih besar lagi. Yang saya maksudkan lebih besar lagi itu, maksudnya, kita bisa menyiapkan alat pelindung diri (APD) dan alat-alat lain yang bisa langsung menanggulangi covid-19. Namun karena ketersediaan terbatas, maka bantuan sembako inilah yang kami ambil, sebagai langkah pertama,” kata Tagor Manurung mengaris bawahi, Jumat (17/4).

Penyerahan bantuan Sembako dari KMBKS dan Gereja Nazareth buat tenaga medis di Posko Satgas Covid-19 RSUD Sele Be Solu. PbP/EYE

Pengurus KMBKS mulai menyalurkan bantuan sembako dari Satgas Covid-19 di Sele be Solu, dan sembilan panti asuhan. Panti asuhan yang diberikan bantuan itu, terdiri dari tiga panti asuhan Muslim, Kristen Protestan dan Katolik. Tiga panti asuhan untuk warga Muslim, kata dia, panti asuhan Emeyodere, Muhammadiyah Al Amin, dan Yayasan Istiana. Lalu panti asuhan Kristen Protestan, rinci Togar Manurung yakni panti asuhan Pelangi 3 , Bukit Hermon, dan Efsekama. Dan tiga panti asuhan terakhir yang kami datangi yakni Panti Asuhan Kristen Katolik, yakni Santo Xaverius, Santo Agustinus dan Santa Monica.” Ini langkah pertama, kemudian nanti. Langkah kedua, kami sedang melakukan pemesanan masker dari luar daerah. Dan nanti akan kami bagikan buat warga Kota Sorong,” ucap Tagor Manurung.

Di tempat yang sama, Pdt. A Lumban Tobing, M.Th menyampaikan kerjasama Gereja Nazareth Kota Sorong dan KMBKS dapat terjadi karena memiliki program yang sama.

Penyerahaan bantuan di Panti Asuhan Muslim, Emeyodere. PbP/EYE

“Kita memiliki program yang sama ,makanya kita mengkombain kegiatan itu menjadi satu ,sebab Gereja Nazareth juga berada di lingkup kerukunan masyarakat Batak,” ucap Pdt. Lumban Tobing. Gereja Nazareth ,sambung dia, selalu memperhatikan anak-anak yatim yang tidak memiliki ayah dan ibu. “Kami hadir menjadi penganti ayah dan ibu buat anak-anak panti, “ucap Pdt. Lumban Tobing. Pada kondisi ini, lanjut dia, gereja hadir membantu, begitu juga para pasien yang terpapar virus corona. “Kita mengasihi mereka sebab pada saat ini, kita melihat di media massa, jika ada warga yang terpapar virus Corona, warga itu akan dikucilkan oleh masyarakat, karena ditakuti. Oleh karena itu, kita tidak mau seperti itu, kita justru hadir untuk memberi semangat kepada pasien yang terpapar corona, kita memberikan doa sebagai dukungan moral dan spiritual.” Gereja Nazareth turut pula memberikan bantuan sembako bersama dengan KMBKS. Walau pun berbeda keyakinan, tetapi kita satu sebagai ciptaan Tuhan. “Itulah motivasi dari Gereja Nazareth ,lalu kami berdiskusi dengan KMBKS dan mereka pun setuju dengan kita. Maka kami pun mengajak agar mari kita bergabung , sehingga kita memiliki satu misi untuk kemanusiaan, ” ulas Pdt Lumban Tobing.

Pantauan Papua barat Pos, sambutan hangat dan suka cita diperoleh pengurus KMBKS begitu tiba di setiap titik yang menjadi lokasi penyerahaan bantuan kepedulian mulai dari tenaga medis di RSUD Sele Be Solu hingga ke Panti Asuhan. [CR34/EYE-SF]

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *