Demokrat Pleno Bacaleg, Target Rebut Ketua DPRD Maybrat

Sorong, PbP- Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Maybrat, Provinsi Papua Barat Daya menggelar rapat pleno penetapan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) Partai Demokrat  Kabupaten Maybrat  di Derefan Hotels, Kota Sorong,   Jumat (28/04/2023).

Usai rapat pleno, Ketua DPC Demokrat Kabupaten Maybrat, Karel Murafer,SH.,MA menjelaskan  pleno penetapan bacaleg dilakukan guna memenuhi mekanisme  dan ketentuan Partai Demokrat. “Kami sudah memplenokan bacaleg kami, jumlahnya ada 20 orang, sesuai jumlah kursi di DPRD Maybrat. Mereka maju di 4 dapil yang ada di kabupaten Maybrat,”jelas Murafer.

Ia menyatakan, ke dua puluh bacaleg ini sudah memenuhi  semua persyaratan umum yang diminta oleh komisi pemilihan umum dan juga memenuhi persyaratan khusus dari Partai Demokrat.

Rapat pleno penetapan Bacaleg Partai Demokrat Kabupaten Maybrat.PbP/YOS
Rapat pleno penetapan Bacaleg Partai Demokrat Kabupaten Maybrat.PbP/YOS

“Mereka (bacaleg) kita tetapkan karena sudah memenuhi semua persyaratan umum yang dikeluarkan lembaga KPU RI,”sebut Karel yang  juga Anggota DPR Papua Barat ini.

Persyaratan umum calon legislative yang harus dipenuhi antara lain  Surat Keterangan  Sehat Jasmani dan Rohani, Surat Keterangan Catatan Kelakuan Baik, Surat Keterangan Tidak Pernah Dipidana Penjara, serta persyaratan pemenuhan 30 persen kuota perempuan.

Diakui bahwa dalam pengurusan persyaratan ini bacalegnya mengalami kendala sehingga  dia harus turun tangan membantu mereka.

“ Memang ada kendala dalam pengurusan berkas persyaratan mereka, maka saya  sebagai anggota DPR Papua Barat yang masih aktif   dan  sebagai ketua partai harus bantu mereka. Saya ambil alih dalam arti kita urus secara kolektif, soal biaya saya tanggulangi,”beber Karel ketika ditanyai kendala-kendala yang dialami para bacalegnya dalam pengurusan berkas.

“Sekali lagi bahwa semua persyaratan kami sudah penuhi,”ujarnya.   Ia menambahkan, setelah pleno penetapan bacaleg pihaknya akan mengatur waktu untuk mendaftarkan bacaleg-bacaleg ke KPU setempat.

Foto bersama usai rapat pleno.PbP/YOS
Foto bersama usai rapat pleno.PbP/YOS

Ditanyai mengenai potensi kemenangan para bacalegnya Karel menyatakan, bacaleg-bacaleg yang baru ditetapkannya, semua memiliki potensi mendapat kursi.  “Saya optimis kami dapat kursi. Pileg 2019 lalu kami 4 kursi sehingga dapat wakil ketua 1 DPRD Maybrat. Pileg 2024 nanti kami optimis 4 kursi  bahkan 5  kursi karena target kami ketua DPRD kami yang dapat,” pungkasnya.

Menyoal perhelatan pileg di kabupaten Maybrat, Karel Murafer mengajak rekan-rekan caleg dan partai-partai politik berkompetisi secara sehat. Artinya menghindari kampanye negative.  Kampanye negative lasim disebut kampanye hitam (black campaign) yaitu propaganda negative yang merusak reputasi seseorang atau kelompok tertentu.

“Saya mengajak kita semua yang berkompetisi di Maybrat tidak usah saling menjatuhkan, saling menjelekan satu sama lain. Kita semua, baik itu caleg maupun partai politik bertujuan baik untuk membangun dan melayani masyarakat di Maybrat, jadi jauhkan hal-hal yang negative agar tercipta keamanan dan ketentraman di daerah kita ini,”imbau mantan Bupati Maybrat ini.[YOS]

 

Please follow and like us:
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *