Dinsos Rapat Bersama Bahas Stimulan Perumahaan Swadaya

Sorong, PbP –  Dinas sosial Kabupaten Sorong melakukan rapat pertemuan bersama tim teknis dan satuan kerja (satker) membahas program bantuan stimulan perumahan swadaya, Selasa (17/11). Kepala dinas sosial Kabupaten Sorong, Amatus Surot S. Hut, M. Si, saat ditemui di ruangan pasca selesai rapat mengatakan, program dilakukan setelah adanya pengusulan melalui pemda dalam hal ini bupati Sorong tahun lalu. “Usulan bupati Sorong akhirnya dijawab dengan mendapatkan kuota 550 paket,” ungkapnya.

Hasil dari pengadaan sementara berjalan dan telah sampai tahap pendropan materil, mekanisme diverifikasi dan validasi, lalu berlanjut sosialisasi dan dari sana sebagian besar masyarakat sudah memenuhi kebutuhan akan pembangunan rumah. Besar dari bantuan itu sendiri 21 juta,  yang mana 16 juta untuk bahan bangunan sisanya membayar tukang bangunan.

“Kalau kita di pemda Kabupaten Sorong sebagai tim teknis dari dinas PUPR sebagai ketua tim, saya sekretaris, anggotanya dari Bappeda sampai ke tingkat distrik dan lurah. Untuk program tersebut yang tahap ini dia menyebar ke distrik Aimas, Mariat, Sayosa, Salawati, Mayamuk, dan lain-lain,” ucap Amatus menjelaskan ketika ditemui Papua Barat Pos.

Meskipun begitu, penerima bantuan program ini punya kriterianya sendiri, seperti dikhususkan hanya untuk atap, dinding dan lantai rumah. Jadi bukan digunakan untuk memasang keramik, plafon dan lain-lain.

Tujuan program ini, kata dia, diadakan tidak lain supaya masyarakat bisa hidup di tempat yang layak huni dan memiliki rumah hunian. Dengan adanya program ini diharapkan mereka bisa berswadaya, ini juga salah satu wujud komitmen visi misi dari bupati.

“Program ini sudah berjalan hampir 10 tahun di Kabupaten Sorong dan juga kita sekarang sudah mengusulkan untuk tahun depan. Tapi untuk kuotanya kita belum tahu, karena yang menentukan itu dari kementerian PUPR melalui satker,” tutupnya. [CR35-SF]

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *