dr. Sumarnam : Ukur Suhu Tubuh Di Tangan, Tidak Benar

Sorong, PbP – Salah satu dokter spesialis penyakit dalam di Kota Sorong, dr. Somarnam saat ditemui awak media di kantor Wali kota Sorong, Rabu (9/9) menegaskan melakukan pengukuran suhu tubuh pada tangan itu tidak benar, karena apabila dilakukan ditangan dan pada saat mencuci tangan, maka tentunya suhu tubuh di tangan  akan turun.

“Di Kota Sorong awalnya berjalan baik hampir di semua tempat, baik itu perkantoran maupun supermarket. Namun adanya Hoax yang beredar di media sosial, membuat masyarakat mulai takut dimana menyebutkan bahwa Thermogun itu laser yang akan mempengaruhi otak, sementara itu tidak benar. Sehingga perlu diketahui bahwa Thermogun atau alat pengukur suhu tubuh itu dibuat dari infrared dan bukan laser yang membahayakan kesehatan yang dimaksud hoax itu,” jelas Sumarnam.

Sehingga, sambung dia, yang dilakukan di beberapa tempat degan pengukuran suhu tubuh di tangan itu tidak benar, karena tidak ada aturan ukur suhu tubuh di tangan. “Kalau orang-orang yang menolak mengukur suhu tubuhnya di kepala itu perlu dicurigai pasti ada panas tinggi, sehingga sengaja menolak karena untuk kepentingannya untuk masuk. Sementara dapat merugikan banyak orang,” jelas Sumarnam yang juga merupakan pengurus Ikatak Dokter Indonesia (IDI) Kota Sorong.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya menghimbau kepada masyarakat bahwa Pengukuran suhu tubuh di tangan itu tidak benar dan sudah ada rekomendasi dari pemerintah bahwa harus di kepala.

Sehingga semua masyarakat harus tahu dan di setiap tempat umum, baik itu perkantoran maupun supermarket itu harus lakukan pengukuran suhu tubuh di kepala.  “Melalui media ini, saya mengimbau agar masyarakat ketika menerima informasi harus ditela dengan baik dan dicek kebenaranya, sehingga mampu melakukan sesuatu itu dengan benar,” harapnya. [JEF-SF]

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *