Hadirnya Pandawa, Peserta Jaminan Bisa Melakukan Layanan Administrasi

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) pada masa Covid-19.

Salah satunya melalui inovasi yang dibuat sejak Oktober 2020, yakni Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (Pandawa).

Sebagai informasi, Pandawa telah diuji coba pada Juni 2020. Layanan ini resmi beroperasi pada Juli 2020 dan berjalan sampai saat ini.

Dengan adanya Pandawa ini, peserta jaminan bisa melakukan daftar baru, tambah anggota keluarga, pendaftaran bayi baru lahir, ubah jenis kepesertaan, ubah data identitas, ubah data golongan dan gaji, ubah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), penonaktifan peserta meninggal, perbaikan data ganda dan pengaktifan kembali kartu dan lain-lain secara online.

Eva Altayany, peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang turut merasakan kemudahan pelayanan melalui PANDAWA, mengaku sempat ragu mengurus kepesertaan JKN-KIS anak pertamanya beberapa waktu lalu.

“Saat melahirkan bayi di bulan November 2020, memang sudah didaftarkan kepesertaan JKN-KIS sebagai bayi baru lahir. Dan sekarang sudah memiliki identitas resmi terdaftar di Kartu Keluarga. Awalnya saya sempat ragu untuk ke kantor BPJS Kesehatan terdekat untuk mengurus kepesertaan anak saya ini karena pandemi,” ucap Eva.

Namun, saat mengetahui BPJS Kesehatan memiliki Pandawa tanpa ragu langsung mencoba layanan yang diberikan. Dengan bermodalkan nomor kontak Pandawa, tanpa harus keluar rumah sudah dapat dengan mudah melakukan kepengurusan JKN-KIS.

“Alhamdulillah dengan menggunakan layanan Pandawa menjadi lebih mudah,” aku Eva.

Karena itu Eva berharap, kiranya dengan kehadiran Pandawa ini, semakin banyak lagi masyarakat terutama peserta JKN-KIS yang turut merasakan memanfaatkan dari layanan ini. (Eka)

Please follow and like us:
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *