Gelapkan 6 Unit Sepada Motor AM Dijerat Pasal Berlapis

Aimas, PbP Berbagai macam cara dilakukan para pelaku kejahatan demi mendapatkan uang, akibat sulitnya mendapatkan penghasilan di tengah pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini. Belum lama ini, kasus pengelapan sepeda motor yang terbilang cukup unik terjadi di wilayah Hukum Polres Sorong.

AM alias APD pelaku  penggelapan puluhan sepada motor yang selama ini beraksi di wilayah Kabupaten Sorong dan Kota Sorong berhasil ditangkap anggota reskrim Polres Sorong, di seputaran Kampung Baru Kota Sorong, Kamis (17/12-2020).

Kapolres Sorong, AKBP Robertus A. Pandiangan, S.Ik.,MH saat di konfirmasi melalui Kasat Reskrim, AKP Ronal Manalu, S.Ik.,MH memberkan penangkapan tersebut. Penangkapan berawal dari laporan dari beberapa warga yang diterima pihaknya, dimana sepeda motor warga telah dibawa kabur pelaku.

“Berbagai modus dilakukan pelaku dalam menjalankan aksinya, yakni mengajak korban untuk makan dan minum di warung. Pada saat menyantap makanan, tersangka meminjam sepeda motor korbanya dengan alasan ke ATM. Setelah mendapatkan kendaraan tersangka membawa kabur  sepeda motor dan tidak kembali,” kata Manalu Kepada media ini diruang, Rabu (6/1).

Kasat menjelaskan, saat ini pihaknya telah berhasil mengamankan 6 unit sepeda motor dari pelaku yakni Honda Beat 2 unit, Yamaha Vino 1 unit, Yamaha Mio M3 1 unit, Yamaha Mio J 1 unit dan Honda Blade 1 Unit.

“Hingga saat ini kami masih terus melakukan pengembangan baik kepada tersangka lain maupun barang bukti lainya. Atas perbuatanya pelaku dijerat dengan pasal berlapis. Pasal 378 KUHP Jo 372 KUHP penipuan dan penggelapan,” ungkap kasat.

Kasat mengimbau, guna mengantisipasi terjadianya kasus kriminal yang sama, masyarakat harus lebih waspada dan jangan gampang percaya dengan orang lain.

“Mari kita sama-sama menjadi polisi bagi diri sendiri dan tidak memberikan kesempatan kepada para pelaku tindak krimal untuk melakukan kejahatan, karena kejahatan terjadi bukan hanya karena niat namun karena ada kesempatan,” tuntas Manalu. [MPS-MJ]

Please follow and like us:
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *