Hindari Covid-19, Disdukcapil Lakukan Pelayanan Via Online

Sorong, PbP – Dinas administrasi kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Sorong melakukan pelayanan adminstrasi kependudukan masyarakat secara online melalui aplikasi Whatshap dan Facebook. Demikian disampaikan Kepala dinas Disdukcapil, Onesimuas Asem kepadaedia ini melalui sambungan telepon selulernya, Rabu (18/3).

Dijelaskanya pelayanan secara online tersebut dalam rangka menindak lanjuti instruksi dari Presiden turun kepada Dirjen Dukcapil disertai dengan surat edaran dari Wali Kota Sorong khusus perkantoran baik itu pemerintahan maupun BUMN dan BUMD bahwa proses pelayanannya dilakukan di rumah, dalam rangka mencegah Covid-19 yang saat ini sudah tersebar luas ke Indonesia. “Kita bukan libur, tetapi tetap kerja. Kita kerja dari rumah mulai tanggal 18 Maret hingga tanggal 2 April baru kembali bekerja di kantor,” imbuhnya.

Oleh karena itu, kata dia, khusus untuk Disdukcapil Kota Sorong kaitannya dengan pelayanan umum, dilakukan secara online yakni melalui aplikasi Whatshap dengan nomor 081343339548 atau melalui Facebook Disdukcapil Kotasorong. “Kita juga sudah mengeluarkan surat pemberitahuan yang telah disebarkan melalui media sosial, dah juga ditempel di kantor Disdukcapil, agar selama 14 hari ke depan ini masyarakat yang membutuhkan pelayanan bisa menghubungi kami lewat nomor WA yang tertera dan Facebook Disdukcapil KotaSorong,” ungkapnya.

Ia mengaku kebutuhan akan pelayanan Administrasi Kependudukan  di Kota Sorong ini sangat tinggi, sehingga ketika diberlakukan pelayanan via online ini langsung ditanggapi posetif oleh masyarakat. “Masyarakat tanggapi baik, dan hari ini juga banyak masyarakat yang urus melalui online tersebut. Yakni misalnya yang membutuhkan Kartu Keluarga, Surat Keterangan KTP-EL, dan Akte Kelahiran langsung kirim lewat WA yang ada, kita cek dan proses, lalu hasilnya kita kembalikan juga via WA dalam bentuk Pdf. Untuk digunakan sementara waktu sambil menunggu aslinya,” jelasnya.

Baru satu hari mulai Pelayanan Via Online tersebut, sambung dia, tingkat pelayanaanya mencapai angka puluhan orang dan telah diproses dan dikirim kembali. “Kepada masyarakat, Kami himbau bahwa pelayanan via online ini resmi. Dan bisa dipergunakan untuk kebutuhan sambil menunggu blangko aslinya,” tuntasnya.

Pantauan media ini, selain Pelayanan di kantor Disdukcapil, setelah diinstruksikan untuk bekerja dari rumah, instansi lain pun siap memberikan pelayanan apabila ada kebutuhan masyarakat. Salah satu diantaranya adalah kantor Distrik Sorong Manoi mengeluarkan himbauan bahwa apabila ada masyarakat yang membutuhkan surat-surat penting yang membutuhkan tanda tangan kepala distrik, dapat menghubungi staf Distrik Sorong Manoi, melalui nomor HP 085254519953.[JEF-SF]

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *