Ini Penjelasan Manager Garuda Soal Penumpang Positif Covid-19

Sorong, PbP – Manager Garuda Indonesia Cabang Sorong, Ranto Situmeang menegaskan bahwa pihak Maskapai tidak melakukan pemeriksaan dokumen penumpang saat berangkat dari daerah Asal, karena itu kewenangannya pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). Hal ini disampaikan Ranto saat dikonfirmasi terkait adanya penumpang pesawat Garuda yang positif Covid-19 yang tiba di Kota Sorong, Sabtu (27/6) lalu.

“Kita juga belum mendapatkan laporan dari pusat bahwa ada penumpang peswat GA 628 dari Jakarta menuju Kota Sorong yang dinyatakan positif. Karena setahu saya, di bandara maskapai tidak melakukan pemeriksaan berkas dokumen kesehatan dari para penumpang. Karena itu adalah kewenangan dari Kantor Karantina Kesehatan Pelabuhan yang bertugas di Bandara,” ujar Ranto.

Ia menjelaskan, pihak maskapai hanya melakukan pemeriksaan mencocokkan nama yang tertera di tiket pesawat dengan identitas diri penumpang.

“Kita hanya pemeriksaan tiket dan identitas penumpang saja, kalau untuk dokumen kesehatan itu kewenangannya Karantina,” beber Ranto.

Sebelumnya, Koordinator Kantor Karantina Kesehatan Pelabuhan Bandara Domine Eduard Osok Sorong, dr Farida Tariq membenarkan ada penumpang berinisial WY, yang merupakan siswa program Adem asal Sorong Selatan diketahui positif COVID-19, saat dilakukan pemeriksaan dokumen kesehatan ketika turun dari pesawat Garuda Indonesia GA 682 pada Sabtu (27/6) pukul 06.20 WIT. [JEF-MJ]

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *