Jaga Pulau Terluar, Pasmar3 Operasi Amfibi

Sorong, PbP – Sebagian bagian dari TNI AL, Pasmar3 punya kewajiban menjaga setiap wilayah di Papua Barat, baik itu darat, laut dan udara. Demikian disampaikan Danpasmar3, Brigjen TNI (Mar), Edi Juardi kepada Papua barat Pos di Mako Pasmar3, Jumat (16/4/2021).

“Menjaga perairan Papua Barat melalui patroli laut,  itu tugasnya Koarmada dalam hal ini Lantamal. Meski demikian, kita punya kewajiban untul ikut menjaga baik itu wilayah perairan, darat maupun udara,” kata Danpasmar3. Wilayah kerja Pasmar, kata Edi Juardi, sektornya sangat luas. Mulai dari Ambon, Papua Barat dan Merauke.

Danpasmar3 menjelaskan bahwa tugas dan tanggungjawab Pasmar3 yaitu melaksanakan operasi amfibi, melaksanakan operasi pertahanan pantai dan  melalukan pengamanan di pulau strategis terluar. Kemudian melaksanakan tugas yang diperintahkan pimpinan dalam hal ini Panglima TNI AL.

Misalnya, kata Edi, jika ada bencana, kemudian ada perintah dari PanglimaTNI AL bahwa  Pasmar harus ikut membantu penanganan bemcana dimaksud. “Nah, kalau ada perintah seperti ini kita tetap siap. Atau marinir diminta operasi dalam rangka penanganan Kelompok Separatis Bersenjata (KSB), kita tetap siap,” jelas Edi Juardi seraya menambahkan pengamanan pula terluar, dilakukan operasi secara rutin.

Pulau- pulau terluar strategis itu, sambung Edi, dijaga anggota yang bertugas di sektor Barat dan Timur. Untuk sektor Barat dijaga Pasmar1 yang ada di Jakarta. Sektor Timur dijaga oleh Pasmar3. “Marinir tidak mengawaki kapal tempur. Itu tugasnya Koarmada. Tugas kita seperti yang saya sebutkan diatas tadi,”tutup Edi Juardi.(AEJ)

Please follow and like us:
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *