Kapolres Kukuhkan Kesenian Kuda Lumping Seto Budoyo Ikaswara

Waisai, PbP – Kapolres Raja Ampat, AKBP Andre Julius William Manuputty, S. IK mengkukuhkan kesenian musik tradisional kuda Lumping Seto Budoyo Ikaswara asuhan Polres Raja Ampat di lapangan Mapolres, Selasa (5/1). Pengukuhan dihadiri oleh Wakapolres, Kompol Muhammad Nur S., para kabag sama kasat juga anggota di Polres Raja Ampat.

“Kita bersyukur dihari ini dapat mengkukuhkan kesenian kuda Lumping Seto Budoyo Ikaswara asuhan Polres Raja Ampat. Kedepan, kita akan lebih memperhatikan untuk berkembang lebih baik lagi. Serta ikut menunjang dan membantu meningkatkan kualitas pariwisata Raja Ampat,” ujar Andre.

Lanjut dia, kesenian tradisional kuda lumping Seto Budoyo Ikaswara menjadi asuhan Polres Raja Ampat seperti disebutkan ketua Ikaswara berdiri hingga berkembang tidak bisa lepas dari Polres. Hal ini karena dalam masa itu ada ikatan batin dan Bhabinkamtibmas selama ini ikut membina serta bermain didalam.

“Apa yang sudah kita bina akan dipertahankan terus. Bila perlu kita tingkatkan dan terus bina agar hubungan emosional yang kita bina baik,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Ikaswara Raja Ampat Edy Sutopo menjelaskan, berdirinya kesenian kuda lumping tersebut, selain bagian dari Ikaswara juga ada campur tangan dari personil Polres dalam membina lewat Bhabinkamtibmas. Ada 2 kelompok kuda lumping, Ikaswara kelompok Jawara dikelola secara personal mandiri dan dapat digunakan tergantung dari kelompok itu.

“Kemudian kedua kelompok Seto Budoyo yang ditampilkan ini tegak lurus dan murni Ikaswara yang dapat digerakkan kapanpun. Kegiatan ini yakni kelompok kuda lumping sudah banyak dijalankan di pentas pada moment hari besar di Raja Ampat,” ujarnya.

Pengukuhan ini ditandai dengan penyerahan surat piagam oleh kapolres kepada ketua Ikaswara. Kemudian, dilanjutkan penampilan atau antraksi tarian kuda lumping dari Seto Budoyo. [TLS-MJ]

Please follow and like us:
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *