Kapolres Sorong Ingatkan Netralitas dan Kondusifitas Kamtibmas dalam Pemilu 2024

Aimas, PbP- Kepala Kepolisian Resor Sorong Polda Papua Barat, AKBP Yohanes Agustiandaru,SH.,S.Ik.,MH menekankan pentingnya menjaga netralitas Polri dalam pelaksanaan Pemilu 2024. Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi salah satu potensi kerawanan dalam penyelenggaraan pengamanan pesta demokrasi tersebut.

Peryataan ini disampaikan oleh AKBP Yohanes Agustiandaru usai memimpin apel gelar pasukan operasi mantap brata 2023-2024 dalam rangka pengamanan Pemilu 2024 yang di gelar di Alun-alun Aimas, (17/10/2023).

Selain menyoroti Netralitas ASN, Kapolres Sorong juga memfokuskan perhatiannya pada beebagai masalah yang bisa menggangu proses demokrasi, seperti politik identitas, isu SARA (Suku, Agama, Ras dan Antargolongan), money politik dan berita hoaks. Untuk mengantisipasi kerawanan dan gangguan yang mungkin terjadi selama tahapan pemilu 2024, pihaknya telah membentuk tim yang siap bertindak.

“ Beberapa kerawanan yang sudah kami petakan diantaranya money politik, netralitas ASN, masalah politik identitas dan isu hoaks. Ini menjadi fokus intervensi kami agar hal-hal tersebut tidak berdampak negatif kepada penyelenggaraan Pemilu 2024,” kata Kapolres.

Selain itu, AKBP Ndaru juga menegaskan pentingnya kesiap siagaan dan deteksi dini dalam pengamanan pemilu 2024 untuk menciptakan konduktivitas kamtibmas, sehingga pelaksanaan pemilu dapat berjalan dengan lancar disetiap tahapannya. Polri bersama dengan TNI dan seluruh stekholder terkait, berkomitmen untuk menciptakan kondisi aman damai selama Pemilu 2024.

“ dari seluruh petugas pengamanan, baik dari POLRI kemudian TNI, dari jajaran Pemerintah Kabupaten yang akan nanti bersama-sama dengan KPU dan Bawaslu, memastikan seluruh rangkaian Pemilu 2024 ini bisa berjalan aman,” ungkapnya.

Kapolres Sorong menyatakan, bahwa situasi Kamtibmas menjelang Pemilu 2024 di Kabupaten Sorong saat ini relatif masih kondusif. Anggota kepolisian pun terus mengawal jalannya tahapan Pemilu untuk memastikan keamanan dan ketertiban selama proses demokrasi.

Kapolres meminta, peran aktif media dalam mengawal seluruh tahapan Pemilu 2024 agar kondisi tetap aman dan kondusif. Ia berharap media akan menjadi salah satu unsur pendukung utama dalam menjaga situasi agar tetap aman dan damai selama pelaksanaan Pemilu.

“Kami berharap rekan-rekan media juga menjadi salah satu unsur pendukung utama dalam menjaga situasi tetap aman,” pungkas Kapolres. [MPS]

Please follow and like us:
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *