Kemenperekraf Diminta Dukung Pembangunan Pariwisata Raja Ampat

Waisai, PbP – Direktorat Pengembangan Destinasi Regional Ii, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI mengadakan diskusi terpumpun (terkumpul, terhimpun, terpusat) perencanaan pengembangan destinasi pariwisata di Raja Ampat. Sekalian rencana induk pembangunan kepariwisataan di daerah bertempat di Korpak Villa, Senin (26/11).

Pejabat Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Raja Ampat, Manuel Piter Urbinas, S.Pi.,M.Si ketika membuka diskusi meminta Kemenperekraf RI memberikan dukungan dalam membangun destinasi pariwisata di Kabupaten Raja Ampat, yang unggul serta berdaya saing. Pasalnya, Raja Ampat merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi sektor pariwisata yang besar serta sudah dikenal dikalangan manca negara terkait keindahan alam.

“Selaku daerah yang punya potensi pariwisata besar, kami memohon ada dukungan dan kerja sama dari pihak kementerian dan stakeholder lainnya, untuk bersama-sama membangun dan mengembangkan pariwisata Raja Ampat. Agar bisa jadi destinasi yang unggul, berdaya saing, berkelanjutan serta mampu untuk mendorong pembangunan dan kesejahteraan warga,” ujar Urbinas.

Lanjutnya, sektor pariwisata bagian dari pada suatu leading sektor yang sangat baik didalam pembangunan nasional maupun di Kabupaten Raja Ampat. Pembangunan sektor pariwisata yang dianggap berhasil, tidak hanya mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah lewat kontribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD). Namun, dapat menjamin kelestarian alam dan budaya, serta dapat menyediakan lapangan-lapangan kerja ditengah masyarakat.

Diskusi rencana pembangunan kepariwisataan daerah merupakan agenda yang diinisiasi oleh Kemenperekraf RI, terkait pendampingan untuk stakeholder di Raja Ampat. Hal ini untuk menyusun Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Daerah (Riparda), menjadi acuan menentukan langkah-langkah pembangunan strategis bagi sektor pariwisata. [TLS-MJ]

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *