Kesbangpol Raja Ampat Terima Empat Nama Calon DPR-PB Jalur Otsus

Waisai, PbP – Dinas Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Raja Ampat, menerima empat nama calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Papua Barat (DPR-PB) jalur Otonomi Khusus (Otsus). Nama-nama calon anggota DPR-PB ini, diserahkan langsung Lembaga Masyarakat Adat (LMA), berdasarkan hasil keputusan musyawarah adat.

Kabid Politik Dalam Negeri (Poldagri), Lewi Isir, SH menjelaskan, keempat nama calon anggota DPR-PB jalur Otsus yang masuk di Kesbangpol, adalah perwakilan Suku Adat Maya yang mengajukan Abraham Goram dan Yusuf Aitem, serta Suku Beteuw-Kafdarun, Usba dan Wardo, yang mengusulkan Yance Mambrasar dan Frengky Umpain. 

“Sekarang kita sedang tunggu persyaratan administrasi yang direkomendasikan oleh LMA bukan DAP (Dewan Adat Papua). Karena calon ini, diusulkan oleh masyarakat adat,”jelas Lewi, di ruang kerjanya, Selasa (18/6).

Dia menambahkan, beberapa persyaratan rekomendasi dari LMA terhadap calon anggota DPR-PB jalur Otsus ini, antara lain berita acara yang sudah ditandatangani dalam forum musyarawah adat, kemudian daftar hadir, serta dokumentasi dan nama pimpinan musyawarah adat, hingga menghasilkan rekomendasi.

Setelah administrasi calon lengkap, lanjut Lewi, Kesbangpol Raja Ampat sesegera mungkin akan melanjutkan keempat nama calon ke Provinsi Papua Barat. Karena menurut dia, yang memiliki hak untuk melakukan seleksi ada di provinsi.

“Dalam pencalonan ini, pemerintah kabupaten dan kota hanya memandu dan memfasilitasi. Sedangkan yang siapkan calon adalah masyarakat adat dan penentunya di provinsi. Sesuai rencana, DPR-PB jalur Otsus yang terpilih akan dilantik bersama DPR-PB jalur politik. Sekarang yang jadi kendala, nomor registrasi Perdasus dari Kemendagri belum keluar,”tutupnya. [TLS-HM]

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *