Koarmada III dan Pemkab Sorong Wujudkan Ketahanan Pangan Nasional

Sorong, PbP – Dengan melaksanakan panen raya untuk kedua kalinya di Kelurahan Malawili dan Kelurahan Klawalu Kabupaten Sorong, Kamis (25/6) petani binaan Koarmada III telah menjadikan dua kelurahan tersebut menjadi lumbung jagung untuk mendukung ketahanan pangan nasional di tengah pandemi Covid-19.

Pangkoarmada III Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr, dalam sambutannya di kegiatan panen raya itu mengatakan, kegiatan panen raya ini merupakan suatu wujud dari sinergitas dan kemanunggalan TNI dengan rakyat, dalam mewujudkan program pembinaan pertahanan wilayah.

“Panen raya ini merupakan salah satu perwujudan dari tugas TNI, dalam upaya membantu pemerintah di daerah guna mewujudkan ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata pangkoarmada.

Dijelaskan pangkoarmada, panen raya tersebut merupakan salah satu program pembinaan pertahanan wilayah Dinas Pembinaan Potensi Maritim Koarmada III, yang mempunyai tugas dan tanggung jawab terhadap penyelenggaraan Bintahwil di Provinsi Papua Barat. Dimana tugas pokoknya lanjut pangkoarmada, untuk menyelenggarakan pembinaan, fungsi, dan melaksanakan pembinaan potensi nasional bidang sumber daya manusia, sumber daya alam, sumber daya buatan dan sarana prasarana.

Atas dasar program itu kata pangkoarmada, Koarmada kemudian bekerjasama dengan Balai Penyuluhan Pertanian Distrik Aimas, Kabupaten Sorong, untuk melaksanakan program pemerintah dalam meningkatkan ketahanan pangan.

“Kegiatan ini memanfaatkan lahan garapan petani yang dilaksanakan oleh beberapa kelompok tani, diantaranya kelompok tani Petani Maju di Kelurahan Malawili, Distrik Aimas dengan melaksanakan penanaman jagung jenis hibrida varietas unggul. Panen raya ini  menghasilkan kurang lebih empat ton jagung hibrida,” jelasnya.

Pangkoarmada juga mengharapkan, agar pembinaan wilayah pertahanan tersebut dapat berlanjut, sehingga dapat memberikan manfaat yang positif bagi seluruh masyarakat di wilayah lain, serta secara umum mampu mengubah pola pikir dan pola tindak masyarakat ke arah kehidupan yang lebih baik.

Sementara itu, dikesempatan yang sama, Kadis Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Sorong Joni Penda, mengatakan bahwa panen raya jagung ini merupakan salah satu faktor kembalinya kemanunggalan TNI dengan rakyat. Dikatakan Joni, dengan panen jagung kali ini, maka Satgas Pangan Kabupaten Sorong tidak khawatir lagi karena sudah produksi sendiri.

“Dimasa pandemi ini, kita bisa panen. Jagung yang kita tanam dan panen saat ini kualitasnya sangat bagus. Hasil pertanian kita juga berorientasi pasar,” kata Joni sembari berharap kerja sama Pemerintah Kabupaten Sorong dengan Koarmada III dalam membina petani terus berlanjut, sehingga kemanunggalan TNI dengan rakyat terus berlanjut pula. [GPS-MJ]

Please follow and like us:
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *