Korban Tewas Akibat Tanah Longsor Bertambah

Sorong, PbP – Longsor yang terjadi di Kota Sorong lagi-lagi memakan korban. Adalah Hajija, anak perempuan berusia 11 tahun, yang tewas akibat tertimbun longsor di Jalan Obadiri, Remu, Kota Sorong Jumat (18/9).

Korban yang masih duduk di kelas 6 SD, diketahui tewas akibat dihantam batu yang ikut longsor bersama tanah.

Lurah Remu Selatan, Rizal mengatakan, longsor di belakang Mapolres Sorong Kota tersebut terjadi sekitar pukul 16.45 WIT atau setelah hujan mengguyur Kota Sorong selama 2 jam pada Jumat (18/9).

“Longsor yang terjadi kemudian menimpa rumah warga bernama Hairuddin Ahmad dan menewaskan korban yang saat itu sedang berada di dalam kamar mandi,” jelas Rizal yang ditemui di lokasi kejadian.

“Berdasarkan keterangan dari pihak keluarga, sebelum kejadian korban baru selesai membeli minyak tanah. Kemudian ibu korban menyuruh korban untuk segera mandi, kemungkinan pada saat korban berada dalam kamar mandi itulah terjadi longsor dan mengakibatkan batu besar menimpanya,” lanjut Rizal.

Sementara, Kepala BPBD Kota Sorong Herlin Sasabone mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan BPBD dan PMI untuk melakukan evakuasi.

“Tadi sore begitu dapat informasi, saya langsung perintahkan anggota BPBD dan PMI untuk segera ke lokasi kejadian melakukan proses evakuasi. Bersyukur berkat bantuan warga sekitar dan keluarga, korban berhasil dievakuasi namun dalam keadaan tidak bernyawa atau meninggal dunia,” jelas Herlin di lingkungan Kantor Wali Kota Sorong, Jumat (18/9).

Disinggung mengenai keterlambatan anggota BPBD ke lokasi longsor, Herlin tidak menampik hal tersebut dengan mengatakan keterlambatan anggota BPBD tiba lokasi kejadian diakibatkan pihaknya yang terlambat mendapatkan informasi.

Kepala BPBD juga berharap masyarakat tidak menjudge pemerintah atas keterlambatan tersebut dan mendukung dengan memberikan informasi bencana secara akurat dan cepat.

Diakhir wawancaranya, Herlin berharap masyarakat yang tinggal di daerah yang rawan longsor, untuk selalu waspada, mengingat saat ini Kota Sorong hampir setiap hari diguyur hujan lebat dengan intensitas sedang hingga lebat. [GPS/JEF-MJ]

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *