Kotak Suara Dapil 1 Teminabuan dan Dapil 3 Imekko Harus Dibuka dan Dihitung Ulang

Sorong, PbP – Proses pemilihan umum Legislatif dan Pilpres di wilayah Kabupaten Sorong Selatan pada tanggal 14 Februari 2024 berjalan normal. Masyarakat dapat berpartisipasi dengan baik dalam penyelenggaraan pesta demokrasi yang serentak dilakukan di seluruh Indonesia itu.

Namun, meski pelaksanaan pemungutan suara berjalan aman dan lancar, ternyata masih tersisa sejumlah persoalan yang dikhawatirkan dapat mencoreng citra pemilu yang demokratis sebagaimana asas pemilu yang sesungguhnya.

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sorong Selatan, Zakarias Kambu, SE mengungkapkan dalam perjalanan perhitungan dan perekapan suara, banyak hal yang terjadi tidak sesuai dengan harapan.

Zakarias melalui press release yang diterima media ini via Whatsapp (WA) semalam menyebutkan, ada indikasi kecurangan yang terjadi di tingkat penyelenggara yang dapat merugikan pihak-pihak tertentu dalam kontestasi Pemilu di wilayah Sorong Selatan.

Ia menyebutkan diduga ada penghilangan suara milik kandidat tertentu, disisi lain ada penambahan yang signifikan terhadap suara kandidat tertentu. Kondisi ini, lanjut dia mulai tercium oleh pihaknya di lapangan saat proses penghitungan dan perekapan suara hasil Pemilu lalu.

“Kami melihat banyak hal yang tidak sesuai dengan harapan, yang sudah tentu dapat mencoreng citra pemilu yang demokratis di wilayah Sorong Selatan. Ini terjadi setelah pencoblosan, dalam hal ini penghitungan dan perekapan suara secara berjenjang,” tulis Zakarias.

Adanya dugaan praktek kecurangan tersebut, lanjut dia tentu sangat merugikan sejumlah pihak selaku kontestan Pemilu khususnya Pileg di Sorsel. Ini, juga tentu akan berdampak pada persoalan lain termasuk masalah keamanan dan sosial di wilayah tersebut.
Untuk itu, Zakarias menegaskan kepada pihak penyelenggara agar dapat melaksanakan tugas secara jujur dan adil serta penuh tanggungjawab.

Penyelenggara Pemilu harus benar-benar menghadirkan rasa adil baik bagi peserta Pemilu maupun masyarakat.

Atas dasar itu, Zakarias meminta agar pihak KPU dan Bawaslu Kabupaten Sorong Selatan segera mengambil kebijakan demi menjamin rasa keadilan bagi semua. Caranya, sebut Zakarias kotak suara dibuka kembali dan dilakukan penghitungan ulang saat pleno di tingkat KPU nantinya.

“Bawaslu Kabupaten Sorong Selatan segera keluarkan rekomendasi untuk dibuka kembali kotak suara dan sekaligus melakukan perhitungan ulang di semua TPS, khususnya TPS di dapil 1 dan dapil 3. Kami minta surat suara yang dihitung ulang itu surat suara DPRD Provinsi dan Kabupaten. Hal ini penting dalam rangka menjaga proses demokrasi yang baik karena ada indikasi dugaan kecurangan,” ucap Zakarias.

Ia menambahkan, kebijakan untuk membuka dan melakukan penghitungan ulang agar dapat memberikan kepuasan dan rasa adil bagi semua pihak yang berkepentingan dalam Pemilu di Kabupaten Sorong Selatan. Dalam artian hasil yang nanti diumumkan KPU tidak terkesan merugikan siapa dan menguntungkan siapa, tetapi upaya ini dilakukan sehingga mendapatkan keadilan dengan hasil yang diperoleh.

“Perlu juga kami sampaikan bahwa, dalam proses ini apabila ditemukan ada pihak yang terlibat membuat curang baik pihak penyelenggara maupun partai politik dan Caleg maka harus segera diproses secara hukum, karena ini merupakan kejahatan Pemilu. Supaya kedepan menjadi efek jera bagi semua orang yang terlibat melaksanakan pemilu diwaktu-waktu berikutnya” tegas Zakarias.

Diakhir penyampaiannya, Zakarias meminta semua pihak untuk tetap tenang dan menunggu, serta tidak menyebarkan informasi profokatif, melalui saling klaim kemenangan padahal belum ada pengumuman resmi dari KPU.

“Sekali lagi kami minta pihak penyelenggara dalam hal ini KPU dan Bawaslu segera menanggapi permintaan kami. Jika tidak maka sangat tidak menutup kemungkinan, kami akan menggunakan kekuatan people power, demi mencari keadilan dan menegakkan kembali asas demokrasi dan martabat Pemilu yang sesungguhnya,” tutup Zakarias. [JOY]

Please follow and like us:
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *