KPU Bimtek Penguatan Kapasitas PPD dan PPS

Waisai, PbP –  Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Raja Ampat, melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) pemutakhiran data pemilih kepada Panitia Pemilihan Distrik (PPD) serta Panitia Pemungutan Suara (PPS). Bimtek penguatan kapasitas daripada lembaga ad hoc ini digelar secara serentak di 24 distrik se- Raja Ampat, Kamis (16/7/20).

Ketua KPU Kabupaten Raja Ampat Steven Eibe, S.STP menuturkan  pihaknya melakukan bimtek penguatan kapasitas PPD serta PPS ini untuk persiapan pelaksanaan pencocokan dan penelitian (pencoklitan) daftar pemilih oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) di Raja Ampat. Coklit dilakukan serentak sejak 15 Juli s/d 13 Agustus 2020.

Lanjutnya, dalam melaksanakan pemutakhiran data pemilih ini, KPU sudah terima DP4 (Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilih) sehingga harus dilakukan coklit. Dimana penduduk yang berpotensi jadi pemilih, KPU harus cek kembali setelah setahun dilaksanakan pemilihan umum Presiden atau Pilpres RI serta pemilihan umum Legislatif (Pileg) serentak.

“Sebagaimana diketahui 9 Desember 2019 kita Raja Ampat akan memasuki Pilkada bupati dan wakil bupati, maka pemutakhiran kembali data pemilih harus dilakukan. Dalam proses ini, KPU sudah bentuk PPDP atau pantarlih untuk coklit. Sesuai PKPU bahwa, coklit bersama dimulai 15 Juli secara serentak,” jelas Steven Eibe kepada Wartawan di KPU, kemarin.

Setelah bimtek ini, Steven berharap petugas di tingkat bawah dapat bekerja dengan maksimal dalam melakukan pemutakhiran daftar pemilih di Raja Ampat. Anggota PPD dan PPS ini dapat meneruskan ilmu yang diperoleh kepada PPDP untuk menguatkan kapasitas lembaga. Apalagi rentang waktu yang di berikan kepada petugas untuk pencoklitan singkat.

“Jadi, waktu yang diberikan bagi PPDP lakukan coklit cukup singkat kurang lebih 1 bulan sejak 15 Juli s/d 13 Agustus 2020. Maka diharapkan PPDP bekerja secara maksimal, sehingga para pemilih di Raja Ampat terdaftar baik. Dan, data-data yang dihasilkan oleh PPDP lewat coklit ini pun akurat. Kita juga berharap, masyarakat ikut berpartisipasi,” tutupnya. [TLS-SF]

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *