‘Lempar Tangkap’, Modus Baru Penyelundupan Narkotika di Lapas Sorong

Sorong, PbP – Melempar narkotika dari luar menjadi cara terbaru para pemakai dan pengedar untuk memasukkan tanaman dan obat terlarang ke dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Sorong. Hal tersebut diakui oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Sorong, Gustaf Rumaikewi yang ditemui di Lapas Sorong, belum lama ini.

Gustaf mengatakan, selain kasus kepemilikan narkotika jenis ganja oleh dua warga binaan Lapas Sorong, yang beberapa lalu diungkap oleh Polres Sorong Kota, pihaknya juga pernah mendapati 10 paket berukuran kecil berisi ganja kering yang dilemparkan ke dalam Lapas Sorong oleh seseorang.

“Modusnya sama, mereka buang ganja ke dalam dan nanti ada warga binaan yang datang jemput. Cuma bedanya, yang kemarin di release polres, mereka lempar ke halaman lapas dan diambil oleh tamping. Kalau yang satunya lagi dilempar kedalam dengan menggunakan pemberat batu,” jelas Gustaf.

Sayang kata Gustaf, saat itu pihaknya tidak berhasil menangkap pelaku yang telah melempar 10 paket ganja ke dalam lapas.

“Waktu mereka buang barang itu kedalam, petugas kita langsung cek ke arah lemparan. Cuma waktu itu orang yang lempar sudah naik motor dan kabur. Karena tidak mengetahui identitas pelaku, 10 paket kecil berisi ganja itu sudah kita serahkan ke pihak kepolisian untuk ditindaklanjuti,” kata Gustaf.

Guna menekan penyelundupan narkotika dan membatasi gerak warga binaan yang masih memakai dan berperan sebagai pengedar, pihaknya sudah memperketat pengamanan di dalam lapas.

“Tentu kita sudah memperketat pengamanan sesuai dengan protap yang ada, tujuannya agar kejadian yang sama tidak akan terulang. Sekaligus juga untuk mengantisipasi agar tidak ada lagi modus-modus baru yang dipakai warga binaan untuk menyelundupkan narkotika kedalam lapas. Tidak hanya memeriksa pengunjung dan barang yang dibawa, petugas yang ada juga akan kita periksa secara acak, guna mengantisipasi adanya keterlibatan petugas lapas di dalamnya,” tegas Gustaf. [GPS-MJ]

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *