Masih Dibahas DJSN

Penghapusan Pembiayaan BPJS Kesehatan Untuk Kelas Rawat Inap

BPJS Kesehatan Cabang Sorong

Sorong, PbP – Kabar pemerintah berencana menghapus kelas rawat inap dalam program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang akan diterapkan secara bertahap mulai 2022.

“Kabarnya penghapusan kelas tersebut akibat utang pemerintah yang begitu banyak. Maka untuk bisa meminimalisasi kebangkrutan negara, maka pembiayaan rawat inap oleh BPJS Kesehatan dihapus.

Informasi tersebut langsung dibantah oleh Gilang Yoga Wardanu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sorong saat di konfirmasi. Gilang mengatakan kalau tentang itu mohon maaf, Kami sendiri di BPJS Kesehatan belum terinfo seperti apa, ” ungkap Gilang saat dihubungi Papua Barat Pos, belum lama ini.

Sampai sekarang, setahu Gilang, pihaknya belum terdengar kabar penghapusan biaya rawat inap oleh BPJS Kesehatan. Soalnya rencana itu memang ada, namun masih menjadi pembahasan dan ranahnya DJSN (Dewan Jaminan Sosial Nasional).

Memang wacana sudah ada namun ketentuan dan teknisnya seperti apa itu yang masih dibahas di DJSN dan kementerian. “Namun pada prinsipnya BPJS Kesehatan sebagai operator siap menjalankan, ” Ucap Gilang menjelaskan.

Soal penghapusan kelas rawat inap, Gilang Tegaskan, sampai sekarang pelayanan masih berjalan normal seperti biasa dan tidak ada penyesuaian iuran sampai sekarang, karena belum ada ketetapan dari DJSN terkait hal tersebut.

Pada prinsipnya tetap melayani peserta JKN sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 64 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan. “Pelayanan masih seperti sedia kala belum ada yang berubah,” pungkas Gilang. (Eka-SF)

Please follow and like us:
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *