Masyarakat Minta Fungsi Pengawasan Dewan Ditingkatkan

Dalam rangka kegiatan Reses ke-III Dewan Perwakilan Rakyat Papua Barat (DPR PB) Tahun Anggaran 2021, Anggota DPR PB Surung H. Sibarani, SE menggelar pertemuan dan dialog dengan perwakilan masyarakat Kota Sorong. Reses tersebut digelar di Aula HP Papua Barat Pos itu, Jumat 17/12. Kala itu, masyarakat meminta agar wakil rakyat meningkatkan fungsi pengawasan penggunaan anggaran.
Hal tersebut disampaikan, Adrianus karena selama ini dirinya melihat kurangny awakil rakyat yang mendalami pengunaan anggaran. “Jarang kita lihat anggota dewan periksa proyek. Pada hal banyak proyek yang tidak beres. Proyek kecil saja seperti pengecoran jalan lingkungan tidak pernah diawasi oleh anggotta dewan,” ungkapnya.
Lebih jauh warga Distrik Sorong Timur ini mengungkapkann bahwa sangat jarang terdengar bahkan tidak pernah wakil rakyat berhasil menemukan proyek bermasalah hingga ke ranah hukum. “Pada hal anggota dewan ini sering perjalanan dinas turun ke daerah, tapi hasil kerjanya hampir tak terdengar oleh masyarakat,” tambah Adrianus.
Kritikan menanggapi kritikan tajam itu, Surung Sibarani mengakui bahwa pengawasan penggunaan anggaran yang dilakukan DPR Papua Barat belum masih rendah. Tapi menurutnya, pihaknya bukan tinggal diam, ada sejumlah hasil temuan di lapangan yang dibawa dalam forum rapat dewan, namun tindaklanjutnya yang tidak maksimal.
Anggota dewan asal dapil Kota Sorong ini juga mengakui bahwa dari hasil pengawasan penggunaan anggaran yang dilakukan DPR Papua Barat belum pernah sampai ke ranah temuan. Dengan sejumlah kelemahan itu, kader Partai Keadilan dan Persatuan (PKP) itu dihadapan konstituennya berjanji akan terus bekerja semaksimal mungkin agar tugas pokok dan fungsinya sebagai wakil rakay bisa berjalan dengan baik. [SRG-MJ]

Please follow and like us:
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *