Masyarakat Terima 600 Sertifikat Gratis

Aimas, PbP – Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Papua Barat, Freddy Kolintama menyerahkan 600 sertifikat redistribusi gratis untuk warga Kabupaten Sorong, Jumat (20/11) di kantor BPN Kabupaten Sorong. Pada kesempatan tersebut Kakanwil juga sangat mengapresiasi kinerja Kepala Kantor BPN Kabupaten Sorong, Subur, S.Si.T beserta jajarannya karena telah menjadi derah pertama di Papua Barat yang menyelesaikan program tersebut.

Legalisasi 600 sertifikat redistribusi tanah tersebut berasal dari tiga lokasi, yakni di Kelurahan Aimas sebanyak 100 bidang, Kelurahan Makotyamsa 255 dan di Kelurahan Mayamuk sebanyak 245. Selain sertifikat redistribusi, BPN Kabupaten Sorong juga telah menerbitkan 800 sertifikat Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap (PTSL), sehingga total sebanyak 1.400 sertifikat gratis melalui program reforma agraria telah terselesaikan di tahun ini.

Kakanwil mengatakan, hal tersebut sebagai bukti keseriusan pemerintah terhadap penyelesaian legalitas aset tanah untuk masyarakat, dengan haparan masyarakat bisa memanfaatkan aset itu sebaik-baiknya dan jangan dengan mudah dipindah tangankan.

“Kalau boleh jangan sampai dijual, kalau bisa dimanfaatkan sebaik mungkin, tapi jangan sampai pindah tangan. Karena ini hanya aset yang dapat kita wariskan pinjam untuk anak cucu dimasa yang akan datang ,” harap Kakanwil.

Kakanwil juga menyebutkan, bahwa program pemerintah khusus untuk penerbitan sertifikat tanah itu dilakukan di semua bidang lahan. Oleh sebab itu, dirinya kembali meminta kerjasama dari masyarakat untuk melaporkan dan mengajukan bidang lahannya.

Sementara, Kepala Kantor BPN Kabupaten Sorong, Subur, S.Si.T mengatakan, tahun depan pihaknya bakal diberi tugas besar untuk menerbitkan sebanyak 3.400 sertifikat PTSL lagi. Namun menurutnya tidak menutup kemungkinan targetnya  akan ditambah.

“Infonya tahun depan tugas kami menerbitkan 3.400 sertifikat PTSL, tetapi bisa jadi lebih. Sehingga saya benar-benar butuh teman-teman dalam tim saya untuk bekerja lebih keras lagi, serta kerja sama dari masyarakat juga. Kami harus optimis, kalau tahun ini di masa pandemi kita bisa capai 100 persen, maka jika tahun depan pandemi berakhir, kita juga bisa capai target itu,” tutupnya mengakhiri sambutan. [MPS-MJ]

Please follow and like us:
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *