“New Normal” Dapat Diterapkan Asalkan Protokoler Kesehatan Dilaksanakan

Manokwari, PbP – Wakil Gubernur Papua Barat, Mohammad Lakotani, SH.,M.Si mengatakan, saat ini masyarakat harus siap-siap untuk masuk dalam tatanan hidup normal baru atau “New Normal”

Yang penting, lanjut wagub masyarakat mengikuti semua anjuran dari pemerintah dengan menerapkan protokol kesehatan, supaya tingkatkan imunitas dan imanitas terhadap penyebaran COVID-19.

“Kalau iman kita meningkat, Tuhan sayang maka imun kita juga pasti meningkat dalam menghadapi New Normal,” kata wagub kepada wartawan usai memimpin rapat terbatas dengan pimpinan OPD di Lantai 1 Gedung Sekertariat Daerah Papua Barat, Jumat (29/5).

Untuk mempersiapkan menghadapi tatanan hidup normal maka pemerintah daerah kembali memperpanjang masa pelaksanaan tugas kedinasan di rumah atau Work From Home (WFH) aparatur sipil negara (ASN) hingga tanggal 4 Juni 2020.

Menurut wagub, meningkatnya pasien positif di Papua Barat tidak mempengaruhi diberlakukan atau tidaknya kebijakan pemerintah pusat untuk masa New Normal, karena sesuai informasi dari WHO bawah virus ini tidak akan berakhir.

“Jadi kalau kita masih berada dalam situasi ini maka akan menyulitkan semua pihak baik dari segi ekonomi, sosial serta aspek lainnya, oleh karena itu maka kebijakan tatanan hidup normal menjadi solusi,” tambah wagub Lakotani.

Sementara, juru bicara gugus tugas penanganan penyebaran COVID-19 Provinsi Papua Barat, dr Arnold Tiniap mengatakan, sesuai petunjuk wagub untuk melakukan kajian secara menyeluruh tentang masa tatanan hidup sehat.

Karena penerapan masa New Normal dikembalikan kepada daerah masing-masing, baik provinsi dan kabupaten/ kota untuk menetukan diberlakukan atau tidak kebijakan pemerintah pusat ini.

“Pemberlakuan New Normal ini dikembalikan kepada daerah masing-masing untuk menentukan sesuai dengan kondisi daerah, jadi yang masih zona hijau dan kuning bisa dimungkinkan untuk diberlakukan tatanan hidup baru,” ujar Tiniap sembari menambahkan, pihaknya akan melakukan kajian menyeluruh akan berkoodirnasi dengan kabupaten/kota untuk mendapat hasil yang akurat. [ARS-MJ]

Please follow and like us:
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *