Pelajar dan Mahasiswa Rentan Terhadap Narkoba

Manokwari, PbP Ratusan siswa baru SMAN 1 Manokwari, menjalani tes urine, sebagai upaya pencegahan peredaran dan penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar di Manokwari, Senin (15/7).

Kepala Bidang Pencegahan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Papua Barat, dr. Indah Perwitasari, kepda wartawan mengatakan, hal ini dilakukan karena pelajar dan mahasiswa di Papua Barat cukup rentan terhadap peredaran narkoba, terutama jenis ganja.

“Mereka ini pergaulanya luas dan wilayah kita ini cukup dekat dengan PNG (Papua New Guenea) dan Papua Papua Barat merupakan pintu masuk pertama peredaran ganja dari PNG,”kata dr. Indah, Selasa  (16/7).

Menurutnya, pemeriksaan urine bagi calon siswa baru merupakan upaya  baik dari pihak sekolah dan juga BNN. Ini juga, kata dia, sebagai upaya pencegahan dini, agar pelajar tidak terjerembab dalam pengaruh negatif barang berbahaya tersebut.

Dari sekian SMA dan SMK di Manokwari, sambungnya, baru SMAN 1 Manokwari yang sudah menjalin kerjasama dengan BNN. Melalui kerjasama tersebut, pemeriksaan urine dilakukan pada setiap awal tahun ajaran baru.

Selain tes urine, lanjut dr. Indah, mereka juga akan dibekali pemahaman secara detail, melalui sosialisasi yang dilaksanakan pada kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS).

“Mudah-mudahan targetnya kena, mereka harus paham betul tentang pengaruh buruk narkoba jenis apapun. Perjalanan mereka masih panjang, sangat disayangkan kalau sampai rusak akibat narkoba,”tuntasnya. [ARS-HM]

Please follow and like us:
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *