Pelni Sediakan Kapal Gratis Untuk Pemudik Lebaran

Sorong, PbP- PT Pelayaran Nasional Indonesia (PT Pelni) Persero sudah menyiapkan langkah-langkah strategis guna mengantisipasi lonjakan penumpang yang akan melaksanakan mudik lebaran. Hal ini dikemukakan Kepala Pelni Cabang Sorong Nurul Azhar kepada Pers di Sorong Kamis (30/03/2023).

PT Pelni telah menetapkan Kalender peak season Lebaran 1444 H Tahun 2023 jatuh pada tanggal 07 April 2023 (H-15) s.d 08 Mei 2023 (H+15).
Sebagaimana diketahui, bahwa setiap tahunnya terjadi lonjakan penumpang yang signifikan selama masa peak season Lebaran, terutama untuk rute-rute sebagai berikut:
1. Wilayah Barat Indonesia dengan rute Batam-Belawan PP, Kumai-Semarang PP, Sampit-Semarang PP, Kumai-Surabaya PP, dan Surabaya-Makassar PP.

2. Wilayah Tengah Indonesia dengan rute Balikpapan-Surabaya PP, Makassar-Bau-Bau PP, Balikpapan-Pare-Pare PP , Balikpapan-Makassar PP, Makassar-Bima PP, Tarakan-Pare-Pare PP, Balikpapan-Pantoloan PP, dan Nunukan Pare-Pare PP.

3. Wilayah Timur Indonesia dengan rute Ambon-Bau-Bau PP, Ambon-Banda PP, Jayapura-Biak PP, Sorong-Manokwari PP, dan Ambon-Tual PP.

PT Pelni juga mempersiapkan KM Dobonsolo untuk Penyelenggaran Mudik Gratis Sepeda Motor pada rute Jakarta-Semarang PP, dan Perbantuan pada trayek Panjang-Ciwandan PP.

“Ada Penugasan dari Pemerintah cq. Kementerian Perhubungan , Direktorat Jenderal Perhubungan Laut untuk Penyelenggaran Mudik Gratis Sepeda Motor pada rute Jakarta-Semarang PP, dan Perbantuan pada trayek Panjang-Ciwandan PP dengan menggunakan 1 (satu) Kapal yaitu KM.Dobonsolo,”jelas Nurul.

Nantinya, lanjut dia, pada peak season Lebaran 1444 H tahun 2023, Pelayanan dari Wilayah Barat s.d Wilayah timur akan dilayani 3 Kapal, yakni

KM.Ciremai akan berlayar pada rute tetap dengan menambah penyinggahan Pelabuhan Ambon, Namlea dan Serui.

KM.G.Dempo akan berlayar pada rute tetap, dengan menambah penyinggahan pelabuhan Bau-Bau.

KM.Sinabung akan berlayar pada rute tetapnya.

“Namun kami di daerah terus mengupdate perkembangan angkutan mudik lebaran dari Pelni pusat. Apakah kebijakan ini akan berubah atau tetap sama itu nanti kita lihat perkembangan dari sana,”kata Nurul.

Kepala Pelni Nurul Azhar yang didampingi Kabag Ops dan Pelayanan Pelni Sorong, Rais, juga mengungkapkan bahwa rute KM Dobonsolo di wilayah Timur akan dilewati oleh KM Ciremai.

“Untuk sementara waktu (selama lebaran) rute KM Dobonsolo di wilayah Timur (Serui dan Ambon) diisi atau disinggahi oleh KM Ciremai.

Nanti setelah lebaran rutenya akan kembali seperti biasa,” tukasnya.

Ia pun kembali menegaskan bahwa persiapan perusahaan pelayaran milik negara itu menyentuh semua aspek. Dimana Pelni telah menyiapkan armada (kapal) dan penambahan kapasitas penumpang guna mengantisipasi lonjakan penumpang pada mudik lebaran nanti.

“Kesiapan Pelni untuk angkutan Lebaran pada H-15 yakni dimulai 7 April sampai H+15 (setelah) lebaran tanggal 8 Mei 2023. Artinya kapal-kapal kita sudah harus ready (siap) sebelum H-15 dan H+15 lebaran,”Nur memastikan.

Dimana , sambung dia, kapal yang sedang naik dok sebelum H-15 lebaran sudah selesai dok, serta persiapan lain adalah penambahan kapasitas penumpang.

“Semuanya dipersiapkan, termasuk aspek safety dan layanan customer dilakukan dengan baik,”ungkapnya.

Pihaknya juga memprediksi akan terjadi lonjakan penumpang kapal pada lebaran kali ini. Diprediksi lonjakan penumpang naik 59-60 persen secara nasional, dari kapasitas normal. Pasalnya, kata dia, situasi pandemi covid 19 telah meredah sehingga hal ini akan memicuh orang untuk mudik lebaran.

“Lonjakan penumpang pastilah, soalnya tahun-tahun sebelumnya kan covid sehingga orang enggan untuk mudik, tetapi ini sudah redah maka orang yang mudik akan bertambah,”kata dia.

“Kita sudah antisipasi , kita juga sudah berkoordinasi dengan semua stakeholder (pemangku kepentingan) yang ada di pelabuhan baik KSOP, KP3, maupun instansi lainnya,” sambungnya lagi. (YOS).

Please follow and like us:
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *