Pemkab Sorong Berikan Bantuan Rp. 250 Juta Kepada Masyarakat Eksodus Kabupaten Maybrat

Maybrat, PbP – Penjabat Bupati Kabupaten Sorong, Yan Piet Moso S.Sos., M.M., M.AP pimpin apel gabungan dan penyerahan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Sorong kepada masyarakat eksodus di Kabupaten Maybrat yakni masyarakat pengungsi yang ada di Aifat Raya,Jumat (20/10/2023).
Apel gabungan yang digelar di lapangan Apel Kantor Bupati Maybrat itu dihadiri ratusan ASN dan Kepala OPD baik dari Kabupaten Sorong maupun dari Maybrat. Apel itu juga di hadiri pimpinan TNI/Polri maupun tokoh masyarakat dan tua-tua adat Aifat Raya.

Dalam amanatnya Pj Bupati Kabupaten Sorong mengatakan, sebagai pemimpin harus cerdas dan dapat melihat bagaimana situasi dan kondisi masyarakatnya, selalu berlaku adil sehingga ada rasa yang menyatuhkan kita semua, dan terimakasih kepada seluruh pejabat pemerintah Maybrat atas sambutannya kepada kami Pemda Kabupaten Sorong.

“Kabupaten Maybrat ini banyak orang-orang yang memiliki prestasi yang baik, yang patut dicontoh ini merupakan suatu aset dan kebanggaan kita semua sebagai OAP.
Disini saya hadir dalam kunjungan ini, bersama para asisten dan pimpinan OPD Kabupaten Sorong dimana secara langsung kami bisa melihat dan merasakan bagaimana situasi dan kondisi masyarakat pengungsi yang ada di Kabupaten Maybrat, ada rasa dan tanggung jawab besar bagi kita semua untuk dapat memperhatikan saudara-saudara kita yang eksodus,” kata Pj Moso.

Salah satu putra terbaik Maybrat itu juga mengatakan, Kabupaten Sorong merupakan Kabupaten tertua ( ibu kandung) dari Kota/Kabupaten lainnya dan kehadiran kami disini untuk menyentuh batin bapak ibu semua agar dapat terus menghargai dan menghormati ibu kandung, konflik sosial yang terjadi di Maybrat (aifat raya) merupakan tangis yang semua kita rasakan, sakitnya Maybrat adalah juga sakitnya Kabupaten Sorong.

“Kami hadir disini, untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang eksodus dan kita melihat bahwa masyarakat Maybrat yang eksodus paling banyak ada di aimnas dan mayamuk. Selaku Pj Bupati Sorong akan terus membantu mereka selama berada di Kabupaten Sorong dan akan selalu menganjak mereka untuk supaya pulang kembali ke Maybrat sebagai tanah tempat tinggal mereka namun mereka mengatakan bahwa Anak- anak mereka masih bersekolah di Kabupaten Sorong sehingga hal ini lah yang menjadi alasan mereka belum bisa kembali,” ujar Pj Bupati.

Pada kesempatan itu Pj Bupati juga mengatakan, setiap masalah yang ada di bumi A3 semua pejabat dari pusat selalu hadir Maybrat yang merupakan barometer di wilayah Provinsi Papua Barat Daya, saat ini ada kegiatan pemilihan kepala kampung dan saya berharap agar kegiatan ini harus dilaksanakan dengan baik, jangan ada konflik yang terjadi karena aparat kampung merupakan garda terdepan untuk membantu Pj. Bupati dalam melakukan tugas-tugasnya, apabila ada yang tidak puas, merasakan kecewa bila tidak terpili sebagai kepala kampung jangan menjadi propokator tetapi jadilah pahlawan untuk membangun Kabupaten Maybrat.

Yan Piet Moso berharap, ASN harus tegak lurus kepada negara, pancasila dan menjaga persatuan dan kesatuan, tidak boleh ada perbedaan dalam pemerintahan ini kita semua adalah ASN yang mengabdikan diri untuk bangsa dan negara serta untuk melakukan pelayanan kepada masyarakat yang kita cintai ini, dan mari mendukung apa yang menjadi kebijakan Pj. Bupati Maybrat demi peningkatan pembangunan di bumi A3.

“Kita ketahui bahwa Theopani merupakan hukum tertinggi di bumi A3. Oleh karena itu, mari kita letakan hati dan jiwa kita kepada Theopani sebagai injil dan ajaran yang Tuhan berikan kepada masyarakat A3, saya bangga menjadi anak-anak maybrat, banyak rahasia Tuhan di tanah ini sebagaimana yang tertulis di pada loh Theopani. Marilah kita terus berbuat yang terbaik dan mari kita bersatu untuk membangun negeri ini. Pergunakan jabatan yang Tuhan telah berikan kepada bapak ibu semua untuk melayani masyarakat A3.

Sementara itu Sekda Kabupaten Maybrat, Perdinandus Taa, S. H., M. Si mengatakan, Pemerintahan Kabupaten Maybrat mengucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya atas kehadiran pemerintahan Kabupaten sorong di bumi A3.

Pemda Kabupaten Sorong, telah menyerah bantuan sebesar Rp. 250.000.000 kepada masyarakat aifat yang eksodus dan kami juga sudah mengunjungi masyarakat yang eksodus di Kabupaten Sorong.

Kami berharap agar mereka dapat secepatnya kembali ke Maybrat dan namun karena anak- anak masyarakat bersekolah, Pemda Maybrat sudah berkoordinasi untuk seluruh biaya pendidikan mereka diberikan gratis dan sekali lagi kami ucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya atas perhatian Pemda Kabupaten Sorong kepada masyarakat kami yang eksodus.

Sementara sesuai pantauan media ini, usai mengelar apel gabungan dan penyerahan bantuan. Acara dilanjutkan dengan penyerahan bantuan makanan tambahan bagi Ibu hamil dan anak balita dari Provinsi PBD kepada 23 Pustu yang ada di wilayah Maybrat. Dan penyerahan piagam penghargaan dari Dinkes Prov PBD kepada para kader posyandu yang ada di Kab Maybrat.

Sebagai bentuk ucapan terimakasih kepada Pj Bupati Kabupaten Sorong dan rombongan, Sekda Maybrat menyerahkan buah tangan berupa kacang tanah sebagai tanaman khas Maybrat dari. [MPS]

Please follow and like us:
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *