Pemkab Sorong Siap Berikan Rekomendasi Dukungan Pemekaran DOB Malamoi

Pemerintah Daerah Kabupaten Sorong siap berikan rekomendasi dukungan pemekaran Daerah Otanomi Baru (DOB) Kabupaten Malamoi.

Hal tersebut dikatakan Pj Bupati Kabupaten Sorong, Yan Piet Moso kepada awak media di lingkungan salah satu hotel Kota Sorong, Kamis (30-2-2023).
Pj menjelaskan, masyarakat dan para tokoh-tokoh adat harus bersatu, satu suara dalam memberikan dukungan kepada tim pemekaran, agar pemekaran DOB Malamoi dapat terwujud. “ Apabila harus dua kabupaten di tanah malamoi, itu lebih cepat lebih baik,” tegas Pj Bupati.

Terkait dengan adanya masyarakat yang mendukung dan menolok Pemekaran DOB Malamoi, Pj Bupati menilai itu hal yang biasa terjadi namun setelah pemekaran jadi semua baku rebut.

“Tidak ada niat jelek dari pemerintah dalam menghadirkan DOB. Semua itu baik, tapi bagaimana kita punya komitmen menghadirkan DOB itu. Pada intinya pemerintah Kabupaten Sorong siap memberikan rekomendasi dukungan pemekaran DOB Malamoi,”
Saat disingung terkait dengan Ibu Kota DOB Kabupaten Malamoi nantinya, Pj Bupati mengatakan, menyangkut ibu kota DOB Malamoi itu semu tergantung tim pemekaran dan kesepakatan masyarakat.

“ Pemekaran DOB Malamoi harus disertai dengan langkah strategis agar jangan menjadi bumerang di kemudian hari, agar baru tersebut menjadi daerah mandiri dan tidak ketergantungan,” ujar Pj Bupati.

Sementara itu, Zeth Kadakolo salah satu tim pemekaran DOB Malamoi mengatakan, pemekaran DOB Malamoi telah di sulkan sejak Tahun 2009. Pada saat itu Bupati Kabupaten Sorong, Stepanus Malak dan Zet Kadakolo Ketua DPRD Kabupaten Sorong.

DOB Malamoi akan membawahi 10 Distrik yakni, Moraid, Klaso, Sainkeduk, Makbon, Kalaili, Sayosa, Sayosa Timur, Maudus, Sunok dan Klasafet. “ Distrik Klaso akan dijadikan sebagai ibu Kota Kabupaten Malamoi,” kata Zeth. [MPS]

Please follow and like us:
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *