Pemprov Sudah Anggarkan Rp 10 M Perbaiki Jalan di Kota Sorong

Pemerintah Provinsi Papua Barat, telah menganggarkan dana senilai Rp 10 milyar untuk perbaikan jalan di Kota Sorong. Hal ini sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Papua Barat, Ir. Heri G. N. Saflembolo, ST., MT, saat meninjau lokasi jalan Sungai Kamundan, Kota Sorong, Kamis (10/6).

Dalam peninjauan tersebut, Heri didampingi Kadis PU Kota Sorong J. Sinaga, Kabid Bina Marga PU Kota Sorong Agustinus Howay, Anggota DPR Papua Barat Max Hehanusa, serta mengajak langsung pihak kontraktor dan konsultan pembangunan jalan ke lokasi.

Heri menjelaskan, pemerintah Provinsi Papua Barat telah memberikan perhatian serius terhadap penanganan jalan di Kota Sorong. Hal ini, sebut dia terbukti pada tahun 2021 ini, Pemprov telah menganggarkan dana sebesar 10 milyar rupiah, untuk perbaikan jalan di Kota Sorong.

Dana tersebut, lanjut dia untuk memperbaiki sejumlah ruas jalan provinsi di Kota Sorong, yang merupakan tanggungjawab pemerintah Provinsi Papua Barat.

“Jadi perlu kami sampaikan bahwa pada tahun ini, gubernur telah menganggarkan dana 10 milyar rupiah, untuk perbaikan jalan yang merupakan tanggungjawab Pemprov Papua Barat di Kota Sorong,” ujar Heri.

Terkait Jalan S. Kamundan yang belakangan diributkan lantaran tidak kunjung diperbaiki dan terkesan saling lempar antara Pemkot Sorong dan Pemprov Papua Barat, Heri menjelaskan seharusnya jika merujuk pada SK, jalan Sungai Kamundan, bukan tanggungjawab Pemprov Papua Barat.

“Kami sudah koordinasi dengan Pemerintah Kota Sorong dalam hal ini Kadis PU Kota beserta staf. Khusus untuk Jalan Sungai Kamundan, kita sudah mengklarifikasi dalam artian memang sesuai status kewenangan ruas jalan ini masih dibawah pemerintah kota, kita bekerja sesuai SK,” kata Heri.

Ia menjelaskan, sesuai status kewenangan, ruas jalan yang menjadi tanggungjawab provinsi di Kota Sorong ada tiga, yakni ruas jalan Jenderal Sudirman sepanjang 5 Km, Jalan Danau Tempe 6,5 Km dan ruas Jalan Arteri 4,2 km. Sedangkan ruas jalan S. Kamundan ini tidak masuk dalam SK.

Hanya saja, Heri menambahkan bahwa karena faktor kebutuhan, karena pemerintah Papua Barat membawahi 12 kabupaten 1 kota, jadi sudah menjadi tanggungjawab bersama dalam melayani dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Kita sudah koordinasi dan sudah turun lapangan juga, kemudian sesuai hasil koordinasi kami, Pemrov mengambil alih pekerjaan perbaikan jalan Sungai Kamundan,” jelas Heri.

Dengan masuknya Jalan S. Kamundan dalam paket pekerjaan oleh Pemprov Papua Barat, maka dibijaki untuk anggaran Rp 10 milyar akan dibagi dalam 4 segmen perbaikan jalan, dengan spesifikasi rigid (beton).

“Nanti kita bagi dalam 4 segmen, dimana Jalan S. Kamundan masuk dalam segmen 4 dengan panjang 150 meter. Total 4 segmen yang kita kerjakan yakni sekitar 910 meter. Semua dikerjakan tahun ini dengan spesifikasi rigit beton, menggunakan dana Rp 10 milyar tadi,” ungkapnya sembari mengaku peningkatan jalan dengan spesifikasi rigid akan diselesaikan dalam waktu sesingkat-singkatnya.

Sementara, Kadis PU Kota Sorong J. Sinaga menambahkan, pihaknya menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Papua Barat, khususnya PU yang telah merespon keluhan warga Kota Sorong. Ia berjanji kedepan akan lebih mengintensifkan koordinasi dengan PU Papua Barat, agar kebutuhan di Kota Sorong bisa terakomodir dengan baik. [JOY]

Please follow and like us:
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *