Pengurus Bapera Kabupaten Maybrat Dilantik

Kumurkek, PbP – Ketua DPD Barisan Pemuda Nusantara (BAPERA) Provinsi Papua Barat, Dr. Bernard Sagrim, MM melantik pengurus Bapera kabupaten Maybrat periode 2021-2026 di pendopo Vaitmayaf,Senin, (7/6).

Pantauan media ini, pelantikan tersebut dihadiri sejumlah pimpinan OPD dlingkup Pemkab Maybrat, Dandim 1809/Maybrat, Kapolres persiapan Maybrat organisasi masyarakat, pengurus Bapera kota Sorong serta tamu undangan yang hadir dilanjutkan dengan peresmian sekretariat Bapera kabupaten Maybrat di kampung Kartapura distrik Ayamaru Tengah.

Ketua Bapera Provinsi Papua barat, Dr. Bernard Sagrim, MM mengatakan cita-cita dari BAPERA yakni merangkai perbedaan dan merangkai Bhineka Tunggal Ika. Tujuan  BAPERA era itu bisa digunakan untuk membangun masyarakat Maybrat yang adil, makmur dan sejahtera, itu harapan kita.

 

“Saya harap setelah dilantik, segera melakukan konsolidasi ke tingkat distrik, kelurahan dan kampung, karena basis dan potensi barisan pemuda itu ada disana,”ujarnya.

Kehadiran Bapera, kata dia bukan hanya melaksanakan kegiatan yang sifatnya murah meriah massal, tetapi ada manfaat ekonomi. Seperi ada Koperasi Bapera yang dibentuk di seluruh Indonesia termasuk di kabupaten Maybrat.

“Beberapa kesempatan, saya selalu sampaikan bahwa pengurus Bapera agar segera menyelesaikan kartu anggotanya, dari situ akan ada kebijakan kebijakan ekonomi yang akan dilaksanakan dari pusat sampai ke daerah,”terangnya.

Sehingga kata Bernard Sagrim kehadiran Bappera tidak hanya bicara soal sosial kemasyarakatan saja tetapi juga pemberdayaan ekonomi rakyat.
“Bappera tidak berafiliasi ke politik, karena organisasi ini gabungan semua ikatan kerukunan keluarga, pejabat dan organisasi masyarakat yang ada. Soal pengurus Bapera ada yang berkecimpung ke dunia Politik itu pribadi dan urusan politiknya,”ucapnya.

Usai pelantikan,  Bernard Sagrim sampaikan terkait pengurus Bapera di tingkat kabupaten dan kota di Papua Barat yang sudah dilantik yakni Pengurus Bapera kabupaten Sorong, kota Sorong dan kabupaten Maybrat hari ini (kemarin)  sedangkan Kabupaten lain segera dikukuhkan, setelah  kesiapan panitia didaerah.

“Target itu, pelantikan di kabupaten kota di Sorong raya terlebih dahulu, baru masuk di Manokwari raya, dan kita pastikan tahun ini kegiatan pelantikan sudah harus selesai. Kepengurusan sudah ada hanya tunggu pengukuhan saja,”terangnya.

Ditanya program prioritas itu apa saja,  Ketua Bapera Papua Barat yang juga bupati Maybrat ini menyampaikan bahwa setelah kepengurusan dilantik di masing-masing kota dan kabupaten selanjutnya dilalukan konsolidasi dan rapat kerja untuk melihat program apa yang sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Bapera itu. “Tadi saya sampaikan Bapera tidak mengenal lintas batas, termasuk pemuda nusantara yang masalahnya kita garap dan salurkan ke lembaga berwenang untuk berkolaborasi dalam melakukan perbaikan-perbaikan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat ditanah papua barat ini.

Sementara itu, Ketua BAPERA

Prosesi Pelantikan dan Pengukuhan BAPERA Kabupaten Maybrat yang dilakukan oleh Ketua DPD BAPERA Provinsi Papua Barat. Foto: PbP/ESE
Foto bersama usai Prosesi Pelantikan dan Pengukuhan BAPERA Kabupaten Maybrat yang dilakukan oleh Ketua DPD BAPERA Provinsi Papua Barat. Foto: PbP/ESE

kabupaten Maybrat, Kornelius Kambu, S.Sos, M.Si menjelaskan kami baru dilantik oleh ketua Bapera Provinsi PB, Dr. Bernard Sagrim, MM pada hari ini (kemarin), maka secara petunjuk teknis (juknis) organisasi setelah dilantik akan segera melakukan konsolidasi di 24 distrik dan 159 kampung dan satu kelurahan.

“Itu sesuai dengam janji saat terima petaka, itu yang kami lakukan, pelantikan ditingkat distrik rekrutmen anggota agar segera urus kartu anggota (KTA),”jelasnya.

Disaat ini diakuinya kondisi bangsa kita membuat kita juga ikut prihatin, sehingga Bapera dibentuk dan hadir bersatu mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari Sabang sampai Merauke.

“Kita pemuda semua bersatu melaksanakan apa yang terpatri didalam ideologi Pancasila dan Undang-undang dasar (UUD) 1945,”katanya. [ESE-SF]

Please follow and like us:
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *