Petronela Kambuaya Turut Menyumbang Untuk Gereja St. Yoseph Freinademetz

Sorong, PbP – Mantan ketua DPRD Kota Sorong Petronela Kambuaya, S.Pd, turut memberikan sumbangan bagi kelanjutan pembangunan gedung baru Gereja Katolik St. Yoseph Freinademetz Malasilen, Kota Sorong.

Mantan Ketua DPRD Kota Sorong, Petronela Kambuaya, saat hadir di Gereja St. Yoseph Freinademetz Malasilen dalam acara makan sumbang, Sabtu (15/06/2024). FOTO/JOY
Mantan Ketua DPRD Kota Sorong, Petronela Kambuaya, saat hadir di Gereja St. Yoseph Freinademetz Malasilen dalam acara makan sumbang, Sabtu (15/06/2024). FOTO/JOY

Sumbangan tersebut diberikan secara langsung oleh Ketua DPD II Golkar Kota Sorong itu, saat dirinya menghadiri acara makan sumbang, yang digelar Panitia Pembangunan Gedung Baru Gereja St. Yoseph Freinademetz Malasilen, Sabtu (15/06/2024) lalu.

Salah satu bakal calon walikota Sorong itu hadir ditengah-tengah ratusan umat Katolik Stasi St. Yoseph Freinademetz, demi memenuhi undangan yang telah diberikan panitia. Petronela juga tampak berbaur akrab dengan umat yang sebagian besar tinggal di wilayah Km 10 tersebut.

Paket makanan lokal yang dilelang panitia makan sumbang, salah satunya dibeli oleh mantan ketua DPRD Kota Sorong Petronela Kambuaya. FOTO/JOY
Paket makanan lokal yang dilelang panitia makan sumbang, salah satunya dibeli oleh mantan ketua DPRD Kota Sorong Petronela Kambuaya. FOTO/JOY

Ia juga tampak mengikuti semua mata acara yang dipandu oleh MC dengan seksama. Bahkan sesekali ia ikut bertepuk tangan saat MC meminta hadirin memberikan aplause. Pada meja yang sama dengan semua umat, Petronela Kambuaya juga ikut mencicipi hidangan berupa makanan lokal yang disajikan oleh panitia.

Mantan Ketua DPRD Kota Sorong Petronela Kambuaya, saat menyampaikan niatnya untuk memberi sumbangan bagi gereje Katolik St. Yoseph Freinademetz melalui pembelian paket makanan lokal yang dilelang panitia. FOTO/JOY
Mantan Ketua DPRD Kota Sorong Petronela Kambuaya, saat menyampaikan niatnya untuk memberi sumbangan bagi gereje Katolik St. Yoseph Freinademetz melalui pembelian paket makanan lokal yang dilelang panitia. FOTO/JOY

Puncaknya saat MC mengumumkan adanya pelelangan bazar makanan lokal, untuk membantu panitia dalam pencarian dana pembangunan gereja, Petronela Kambuaya menjadi orang pertama yang menunjuk jari dan mengutarakan niatnya untuk turut berderma bagi gereja Katolik dengan membeli paket bazar yang dilelang.

Meski sempat mendapat perlawanan dari peserta lain, dengan menaikan harga paket lelang tersebut, namun niat yang tulus dan kerinduannya untuk mempersembahkan sesuatu bagi Tuhan, membuat istri mantan Walikota Sorong, Dr. Ec. Lambert Jitmau, ini akhirnya memenangkan paket pertama berisi makanan kebun, sayur-sayuran dan daging barapen tersebut.

Ia pun langsung berdiri menerima paket makanan lokal hasil lelang tersebut dihadapan ratusan umat yang hadir. Sebagai gantinya, Petronela Kambuaya menyerahkan uang tunai sebesar Rp 10 juta, yang diterima langsung oleh Ketua Panitia Pembangunan Gedung Baru Gereja St. Yoseph Freinademetz Malasilen, Lukas Tikporop.

Ketua Panitia Kegiatan Makan Sumbang, Yohanes Sole yang diwawancarai awak media usai kegiatan mengaku sangat terharu dengan kesuksesan acara tersebut. Ia menyebutkan, pihaknya tidak menyangka acara akan dihadiri begitu banyak peserta termasuk para pejabat dan tokoh-tokoh penting di Papua Barat Daya.

Mewakili seluruh panitia, ia menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Tak lupa, ia juga menyampaikan penghargaan kepada mantan ketua DPRD Kota Sorong, Petronela Kambuaya, yang turut memberikan kontribusi yang ia sebut sebagai derma dalam kegiatan tersebut.

“Tentu apresiasi dan terimakasih kami sampaikan kepada semua pihak yang sudah berpartisipasi, sehingga kegiatan kami berjalan dengan sukses. Berkenaan dengan Mama Petronela Kambuaya yang juga hadir dan memberikan derma, kami sampaikan penghargaan yang begitu tinggi kepada beliau,” ujar Sole.

Ia mengatakan, sosok Petronela Kambuaya sangat sederhana, hal ini terlihat saat ia begitu santai berbaur dengan umat di Stasi St. Yoseph Freinademetz. Ia mengatakan, sosok seorang Petronela Kambuaya benar-benar hadir sebagai hamba Tuhan yang ingin melayani umat, juga mempersembahkan diri bagi kemuliaan nama Tuhan.

“Sekali lagi kami sampaikan terimakasih dan apresiasi kepada yang biasa kami panggil Mama Petronela Kambuaya, atas kehadirannya di gereja kami,” tutup Sole.

Adapun acara makan sumbang tersebut digelar dalam rangka pencarian dana untuk melanjutkan pembangunan gedung baru Gereja St. Yoseph Freinademetz Malasilen. Gereja tersebut saat ini masih berstatus stasi, dibawa naungan Paroki St. Arnoldus Janssen Malanu, Keuskupan Manokwari-Sorong (KMS).

Kegiatan makan sumbang dikemas dengan budaya dan kearifan lokal Papua yang menghadirkan menu khas Papua Pegunungan yakni olahan daging hasil bakar batu (Barapen). Dalam kegiatan makan sumbang tersebut, panitia juga menyelipkan acara lelang bazar berupa makanan kebun plus daging barapen sebanyak 5 paket. Acara sangat meriah dan penuh dengan nuansa kekeluargaan. [JOY]

Please follow and like us:
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *