PLN Sudah Bangun PLTS Di Kaimana dan Raja Ampat

Manager PT PLN (Persero) UP3 Sorong, Martha Adi Nugraha

 

Sorong, PbP – Pemerintah memiliki target besar melalui upaya mendorong energi baru terbarukan dengan komitmen mencapai 23% pada 2025 mendatang. Saat ini energi baru terbarukan baru mencapai 11,51%. Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT PLN (Persero) sebagai penyedia listrik pun ikut berperan untuk mewujudkan target pemerintah tersebut.

 

Bukti konkritnya, PLN kini terus melakukan transformasi dengan mendorong penggunaan energi rendah karbon yang ramah lingkungan, khususnya dengan memanfaatkan energi baru terbarukan dalam penyediaan energi listrik.

 

Manajer PT PLN (Persero) UP3 Sorong, Martha Adi Nugraha mengatakan, PLN UP3 Sorong telah menjalankan arah korporasi dalam pengurangan emisi karbon. Di tahun 2021 PLN Sorong telah membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dengan total kapasitas sekitar 1050 kWp di Kabupaten Raja Ampat 10 lokasi dan Kabupaten Kaimana 15 lokasi.

 

“Ini adalah salah satu wujud nyata dimana PLN UP3 Sorong dalam mengurangi emisi karbon dengan mengembangkan energi terbarukan PLTS yang mengunakan energi dari sinar matahari,” katanya.

 

Disebutkan, di tahun 2022, PLN Sorong akan terus membangun 32 lokasi yang tersebar di Tambrauw, Kabupaten Sorong, Fak-fak, Kaimana, Raja Ampat dan Maybrat dengan total kapasitas 1061 kWp. Dengan total selama tahun 2021 hingga tahun 2022 dipastikan kapasitasnya akan cukup besar yakni 2 MW atau 2111 kWp. Untuk tempat-tempat baru ini sudah tidak menggunakan PLTD tapi menggunakan PLTS.

 

“Energi baru terbarukan ketergantungkan terhadap energi matahari yang tinggi oleh karena itu PLN Sorong. Sehingga dipastikan bahwa PLTS ini akan beroperasi sampai dua hari lamanya,” ungkapnya

 

Oleh sebab itu diharapkan kepada pemerintah agar memberikan suport dan dukungan terhadap upaya ini sehingga rencana pemerintah untuk mencapai target energi baru terbarukan bisa tercapai. [EKA-SF]

Please follow and like us:
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *