Progres SPO Kabupaten Sorong Mendekati Target

Sorong, PbP – Semenjak dimulainya hingga per 4 Maret 2020 progress Sensus Penduduk Online (SPO) di Wilayah Kabupaten Sorong (Kabsor) mendekati target. Hal ini disampaikan oleh , Siswanto, MMA Kepala Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Kabsor di ruang kerjanya saat disambangi media ini, Rabu (4/3).

Dijelaskan Siswanto pihaknya diberikan target tiga persen atau sekitar 1050 lebih Kartu Keluarga (KK) dari jumlah penduduk seluruh wilayah Kabsor. Sekarang target tersebut sudah berada pada 79 persen atau 3.272 jiwa atau 818 KK ,jika setiap KK dikalikan rata-rata empat anggota rumah tangga, sehingga sisa 21 persen lagi hingga akhir bulan Maret tahun 2020 ini. “Ini kali pertama kita gelar SPO. Otomatis kita berharap partisipasi dari masyarakat,” katanya.

Disinggung soal kendala, Siswanto mengaku mengalami kendala pada jaringan internet. Apalagi ketika setiap kali digelar ngisi bareng (ngibar) bersama masyarakat (dikumpul disatu tempat berjumlah 30 sampai 50 KK) yang mengalami kesulitan atau tidak paham cara mengisinya maka jaringan akan lamban atau terganggu, sehingga keberhasilannya hanya 50 persen saja.

Untuk melancarkan program SPO Nasional ini, BPS Kabsor tidak hanya duduk berdiam diri saja, namun mereka siap membantu masyarakat yang mengalami kendala. Seperti halnya yang sudah dilakukan BPS Kabsor mendatangi instansi-instansi atau lembaga-lembaga pemerintahan maupun swasta untuk membantu mengisi SPO. Dan cara ini akan dilakukan terus hingga jadwal SPO berakhir diakhir bulan Maret tahun 2020 ini.

“Komunitas-komunitas juga kita masuki. Yang pasti kita juga siap membantu,” ujarnya.

Nantinya, usai jadwal SPO ini maka dibulan April tahun 2020 akan dilakukan verifikasi lapangan. Lewat verifikasi tersebut akan ketahuan warga yang sudha melakukan SPO atau yang belum. Nah yang belum itu nantinya akan dilakukan secara manual (petugas mendatangi warga melakukan wawancara) dibulan Juli tahun 2020.[GUS-SF]

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *