Punya Basis Dukungan,Benny Jombang Siap Berkompetisi Di Pileg 2024

PEMILIHAN umum Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) serta pemilihan legislatif (pileg) serentak akan dilaksanakan pada Rabu 14 Februari 2024 di seluruh pelosok NKRI, mulai dari Sabang sampai ke Merauke. Masih dua tahun lagi baru perhelatan akbar ini digelar.
Kendati demikian para kontestan pemilu , yakni partai politik dan para kandidat sudah ancang-ancang mempersiapkan diri menuju pemilu 2024. Salah satunya Benediktus Jombang,SH.,MH.

Ditemui di ruang kerjanya, dan dalam obrol santai dengan media ini, Benediktus Jombang yang biasa disapa Benny, memberikan jawaban lugas atas sejumlah wacana, pandangan, isu dan perspektif, terkait dirinya di gadang -gadang maju calon legislatif Papua Barat dari daerah pemilihan (Dapil) Kota Sorong. “Masih terlalu jauh sih kita bicara caleg,tapi karena ini isu, rumor yang berkembang di tengah-tengah masyarakat yang mempertanyakan saya maju caleg atau tidak. Artinya, ini sebuah pertanyaan teka-teki yang perlu dijawab. Bahwa memang ada niat saya untuk maju. Saya siap bertarung, siap berkompetisi di pileg 2024,”ungkap Benny dalam sebuah wawancara khusus ,belum lama ini.

Menurutnya, berjuang dan memperoleh jabatan publik melalui kursi Dewan Perwakilan Rakyat(DPR) adalah hal yang lumrah di negeri kita. ” Duduk di kursi DPR umumnya menjadi incaran banyak orang. Nah,untuk mencapai posisi itu seorang harus penuh perjuangan dan kerja keras untuk meraup suara sebanyak- banyaknya,”sahut Benny.

Berpotret dari para caleg yang sudah berhasil menduduki kursi DPR, Benny memastikan bahwa ketika berjuang dan berhasil mencapai posisi itu dirinya bertekad akan memperjuangkan aspirasi masyarakat Kota Sorong.
Dilihat dari rekam jejak dan track record selama ini, Benny bukanlah tipikal orang seperti kacang yang lupa akan kulitnya. Ia akan setia menjaga harapan orang yang telah dan senantiasa mendukungnya. Ia melihat jabatan dan statusnya hanyalah titipan masyarakat , bukan titipan keluarga, bukan pula menjadi sarana untuk mewujudkan kepentingan pribadi dan keluarga semata.
Pria yang selalu akrab dan aktif dalam kegiatan masyarakat ini memang senantiasa berusaha mendekatkan diri kepada kelompok atau komunitas -komunitas masyarakat, terlebih kepada Tuhan. Pada kelompok masyarakat
ia turut terlibat dalam karya membesarkan komunitas etnis NTT. Di komunitas ini , Benny Jombang menggagas pembentukkan Perhimpunan Pemuda Flobamora Nusa Tenggara Timur (PPF-NTT) Kota dan Kabupaten Sorong pada tahun 2008. Setelah terbentuk kepengurusannya, Benny pun dinobatkan sebagai Ketua Dewan Pertimbangan PPF-NTT Kota dan Kabupaten Sorong selama 5 tahun. ” Jadi cikal -bakal atau awal -mula pembentukan organisasi pemuda NTT di Sorong Raya saya-lah penggagasnya,”sebut Benny. Selang setahun kemudian, Benny yang kini menyandang gelar Magister Hukum dari Universitas Muhammadiyah Jakarta itu memprakarsai pengaktifan kembali Ikatan Keluarga Flobamora (IKF) Sorong yang sudah vakum sekian tahun. Dengan menggalang dukungan para orang tua, toko intelektual ,pemuda ,dan perempuan Flobamora menghidupkan kembali organisasi ini dengan menggelar musyawarah umum pada tahun 2010, dan terbentuklah kepengurusan baru dimana dalam struktur kepengurusan itu, Benny menjabat sebagai sekretaris umum IKF-NTT Kota dan Kabupaten Sorong periode 2010-2015. Benny yang juga salah satu advokat ternama di Papua Barat itu sudah malang melintang menangani berbagai kasus hukum baik di daerah maupun skala nasional. Ia bahkan pernah menangani kasus pilkada di Mahkamah Konstitusi (MK) dengan memenangkan beberapa Bupati di Papua Barat.

Putra Manggarai yang murah senyum ini lalu
berpikir tentang jabatan politis legislatif sebagai sebuah pengabdian dan pengorbanan bagi orang lain atau masyarakat umum.
Dia kemudian maju caleg di Kabupaten Sorong pada pileg 2014 namun gagal, tetapi kegagalan itu tidak membuatnya putus harapan.

Terbukti di pileg 2019 lalu, ia kembali maju caleg di Kabupaten Raja Ampat, dimana meskipun kalah tapi hasil perolehan suaranya cukup signifikan. ” Saya termotivasi untuk memperjuangkan aspirasi orang banyak, makanya saya maju caleg meskipun gagal tetapi saya terus maju karena bagi saya kegagalan adalah pengalaman berharga di mana dari pengalaman itu kita dibentuk dan mendorong kita terus berjuang,” lugas Benny.

Karena itu berbicara soal pencalonan anggota legislatif bukanlah hal baru bagi Benny yang saat ini menempuh pendidikan Doktor di Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar. Pengalaman pen- caleg-annya pada pileg periode -periode lalu akan menambah optimisme beliau untuk meraup suara tinggi di pileg 2024. Hal inilah yang mendorong dan memantapkan Benny untuk maju caleg dan akan terlibat dalam karya pengabdian kepada masyarakat seperti mereka yang sudah menjadi DPR. ” Iman menerangi jiwa saya untuk melihat bahwa DPR sebagai sarana bagi pelayanan kepada sesama,” kata pria berwajah oval ini.

Baginya, seorang pemimpin ataupun politisi haruslah merakyat. Pemimpin haruslah peduli, lebih banyak turun ke masyarakat, bertanggung jawab, kreatif, inovatif, dan menghindari KKN. ” Prinsip itu terpatri dalam diri sejak saya berkeinginan maju calon anggota legislatif. Pada dasarnya saya sangat mencintai sesama, keluarga, dan masyarakat, terutama masyarakat kecil. Itu yang membuat saya terpanggil untuk maju memperjuangkan kepentingan masyarakat banyak. Dengan kekuasaan sebagai DPRD kepentingan ini dapat dicapai,” jelas Benny ketika ia ditanya lebih lanjut tentang alasan yang mendorongnya untuk menjadi calon anggota DPR Papua Barat. ” Kalau terpilih saya harus lebih leluasa menjalin hubungan baik dengan masyarakat untuk saling membantu dalam kesulitan hidup, dan bertukar pikiran,” tukasnya jujur.

Menyoal basis dukungan, Benny dengan gamblang menandaskan bahwa dirinya sudah mengantongi dukungan dari berbagai kelompok etnis dan dukungan komunitas – komunitas lainnya. ” Intinya kita tampil , kita berbuat pasti orang kenal dan bahkan mendorong atau mendukung kita, ” tukasnya. Dia juga berujar, bahwa soal keterlibatan dalam organisasi, saat ini dirinya terlibat aktif di berbagai organisasi yakni aktif di lembaga advokat – Peradi Papua Barat, sebagai Koordinator Bidang Advokat Hukum dan HAM IKF-NTT Papua Barat, Sekretaris Dewan Penasehat IKF NTT Kota Sorong, Sekretaris Ikatan Keluarga Manggarai Kota dan Kabupaten Sorong periode 2008-2012, Koordinator Dewan Pertimbangan Ikatan Keluarga Manggarai Kota Sorong periode 2014-2020, juga sebagai Kepala Bidang Hukum dan Pengamanan DPD Partai Demokrat Papua Barat , sebagai Koordinator Bidang Hukum dan HAM Angkatan Muda Pengerakan Demokrat (AMPD) organisasi saya partai Demokrat Papua Barat. Tidak hanya itu, Benny pernah menjadi KetuaTim Nusa Kenari Sorong Raya untuk pemenangan calon Gubernur Papua Barat periode 2017 – 2022 , Dominggus Mandacan dan Wakil Gubernur Muhammad Lakotani. Segudang pengalaman inilah yang memantapkan Benny untuk maju caleg di pileg 2024.
” Yang jelas saya siap maju lagi di pileg 2024. Itu penegasan saya menjawab
teka – teki masyarakat terutama pendukung saya pada pileg periode – periode lalu ,” tutup Benny yang juga praktisi hukum senior di Sorong Raya. (YB)

Please follow and like us:
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
3

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *