Ribuan Warga NTT Hadiri Natal IKF

Sorong, PbP – Ikatan Keluarga Flobamora (IKF) NTT Kota Sorong menggelar acara Natal dan Tahun Baru bersama di Gedung Batalyon 762 Sorong, Minggu (22/01/2023).
Acara yang dimulai pukul 17.00 WIT ini dihadiri ribuan warga NTT yang berdomisili di Kota Sorong dan sekitarnya. Selain itu acara juga dihadiri sejumlah pejabat seperti Pj Walikota Sorong George Yarangga, Pangdam XVIIII/Kasuari Mayjen Gabriel Lema, Anggota DPD RI Mamberob Rumakiek, Kadis PUPR Papua Barat Yohanis Momot, para anggota DPR, pimpinan OPD, pimpinan TNI Polri. Juga hadir dewan adat, pimpinan ormas, hingga para sesepu Flobamora.
Acara diawali ibadah oikumene yang dilangsungkan dengan begitu meriah namun kidmat. Lagu-lagu pujian yang dinyanyikan sangat merdu oleh beberapa paduan suara, menggunakan bahasa indonesia juga bahasa daerah dari sejumlah wilayah di NTT. Warna liturgi yang merupakan perpaduan dari sejumlah denominasi gereja selaras dengan tema Natal yang diusung panitia yakni menjadikan warga NTT bersatu meski dalam keberagaman.
Ketua IKF Kota Sorong Martinus Lende Mere, saat menyampaikan pesan dan kesan natal mengungkapkan kebahagiaan sekaligus rasa haru, karena ribuan masyarakat NTT di Kota Sorong bisa hadir dalam acara tersebut. Ia berharap nuansa persaudaraan, kekeluargaan dan persatuan yang ditunjukan dalam acara natal bersama ini bisa menjadi tonggak awal untuk warga NTT bersatu, sehingga bisa menatap masa depan dengan penuh keyakinan.
“Warga Flobamora di Kota Sorong bahkan tanah Papua seluruhnya harus bersatu. Karena hanya dengan bersatu maka kita akan kuat. Tinggalkan semua perbedaan, tinggalkan ego kita dan marilah kita bersatu sebagai sebuah keluarga agar kita bisa melihat dan menjalani hari esok dengan lebih baik,” ujar Lende Mere.
Tak lupa Lende Mere menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada anak-anak Flobamora yang sudah menjadi panitia, juga kepada para donatur yang turut beperan besar dalam suksesi acara natal dan tahun baru IKF-NTT Kota Sorong tersebut.
“Kami juga sampaikan terimakasih kepada para sesepuh, orang-orang tua terdahulu yang telah membuka jalan, sehingga kami bisa ada sampai saat ini. Mudah-mudahan natal ini meninggalkan damai dan optimisme di setiap insan Flobamora, sehingga kita semakin maju dan berjaya dalam segala bidang, di waktu-waktu yang akan datang,” harap Lende Mere.
Ditempat yang sama Pj Walikota Sorong George Yarangga, dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada warga Flobamora karena telah ikut memberikan kontribusi dalam pembangunan serta sukseskan program pemerintah, juga terkhusus telah ikut andil dalam menjaga situasi Kamtibmas di Kota Sorong yang aman dan kondusif.
Yarangga mengajak warga Flobamora terus mengekspresikan diri sebagai bagian aktif dalam pembangunan. Menjaga Kota Sorong sebagai kota yang aman dan nyaman menjadi tanggungjawab bersama termasuk warga Flobamora.
“Pada kesempatan ini saya juga mengajak kita semua untuk segera meninggalkan istilah Kota Sorong sebagai Kota Bajingan. Kita ganti menjadi Kota Beriman. Dalam artian kota yang bersih, indah, aman dan nyaman,” ujar Yarangga sembari memaparkan sejumlah program pembangunan sesuai arahan presiden diantaranya, upaya menekan inflasi, penanganan stunting, mencintai produk dalam negeri hingga menjamin keamanan jelang Pemilu 2024.
Hal senada disampaikan Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen Gabriel Lema, yang meminta warga Flobamora untuk selalu patuh dan taat kepada pemerintah. Sebagai sesama insan Flobamora, Pangdam meminta warga NTT di Tanah Papua tidak menjadi masyarakat yang suka menghalang-halangi pemerintah dalam melaksanakan program maupun pelayanan. Ia juga mengimbau warga Flobamora untuk selalu berinteraksi dan menjalin hubungan baik denga semua warga yang ada di tanah Papua.
“Ingat pepatah dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung. Warga Flobamora harus bisa menjadi warga yang toleran, hargai orang lain yang ada di sekitar, sehingga harmoni kehidupan itu bisa terjalin dengan baik. Hal ini tentu berimplikasi pada kemajuan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan suatu daerah. Jika Kota Sorong ataupun tanah Papua ini sejahtera maka sudah pasti warga Flobamora didalamnya juga ikut sejahtera,” ungkap Pangdam.
Mewakili Gubernur Papua Barat, Kadis PUPR Yohanis Momot juga berharap agar warga Flobamora senantiasa menjaga kerukunan dan keharmonisan, sehingga situasi keamanan dan ketertiban di wilayah ini bisa selalu terjaga. Momot juga menyampaikan terimakasih kepada seluruh warga Flobamora karena telah berkintribusi bersama pemerintah dalam pembangunan.
Sementara Ketua Panitia Natal IKF Kota Sorong Maxi Lau dalam laporannya menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga acara tersebut boleh terselenggara dengan sukses. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh warga Flobamora yang telah ikut ambil bagian dalam acara tersebut.
“Target kami dua ribu orang, namun yang hadir melebihi, sampai ada yang tidak dapat kursi. Ini menunjukan bahwa warga Flobamora sudah bersatu. Mari kita jaga dan pupuk kebersamaan dan persatuan ini demi Flobamora yang lebih baik kedepannya. Bae sonde bae tanah timor lebe bae, bae sonde bae tanah Papua lebe bae,” ucap Maxi Lau.
Acara natal bersama tersebut dirangkaikan dengan penyerahan tali asih kepada perwakilan diakonia dan para janda duda yang merupakan bantuan dari Pj Walikota Sorong juga Ketua IKF dan PPF Kota Sorong. Acara diakhiri foto bersama, ramah tamah dan acara goyang yang menampilkan tarian-tarian adat dan sejumlah wilayah di NTT. [JOY]

Please follow and like us:
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *