Sambut Pilkada 2024 Bawaslu Kabsor Lantik Panwascam dan Dibekali Ilmu

Sorong, PbP – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sorong melantik 90 anggota panitia pengawas pemilu kecamatan (Panwascam) yang akan bertugas untuk turut mensukseskan gelaran Pilkada serentak 2024 di Kabupaten Sorong, Sabtu (25/5/2024) di hotel Aquarius.

Ketua Bawaslu Kabupaten Sorong, Agustinus Simson Naa mengatakan pelantikan 90 Panwascam nanti akan dibagi 3 orang di masing-masing kecamatan yang ada di Kabupaten Sorong.

“Dalam mekanisme perekrutan Panwascam yang baru masih sama dengan pendaftaran sebelumnya dimana mereka melewati tahapan pemberkasan, melakukan pendaftaran, menyesuaikan dengan syarat-syarat seperti umur minimal 21 tahun, tidak terkait dengan sipol, bebas narkoba, dan sebagainya. Setelah lolos administrasi pemberkasan, kita lakukan tahap CAT. Yang lolos CAT kita ambil 2 kali kebutuhan, dan selanjutnya kita lakukan wawancara untuk mengambil sesuai dengan kebutuhan di masing-masing Kecamatan,” beber Agustinus.

Agustinus menjelaskan, bahwa tugas-tugas Panwascam ini nantinya akan mengawasi penyelenggaraan dari tahapan hingga berakhirnya Pilkada 2024.

“Tugas utama mereka nanti adalah melakukan pengawasan dan juga melakukan penindakan bilamana mendapatkan temuan pelanggaran,”ujarnya.

Agustinus, berpesan kepada seluruh anggota Panwascam yang pada hari ini dilantik, agar menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab.

“Saya juga berpesan agar anggota Panwascam lebih bekerja dengan keras lagi. Mari kita sama-sama berusaha agar penyelenggaraan Pilkada 2024 di Kabupaten Sorong berjalan dengan sukses dan lancar, sesuai dengan segala peraturan perundang-undangan yang ada,” tutup Agustinus.

Sementara itu Pj Bupati Kabupaten Sorong, Edison Siagian dalam sambutannya yang diwakili Kepala Kesbangpol Kabupaten Sorong, Andri Timban, SH mengatakan, agar seluruh anggota panwascam yang baru dilantik dapat bekerja sesuai ketentuan yang berlaku dan semua unsur baik TNI/Polri dan lembaga lainya dapat terlibat dalam menyukseskan Pilkda serentak.

“Kabupaten Sorong siap memberikan dukungan penuh dalam menyukseskan pesta demokrasi 2024,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, para anggota Panwascam yang sudah dilantik turut mendapatkan pembekalan dari Bawaslu Kabupaten Sorong. [MPS]

 

 

Please follow and like us:
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *