Sekda Ingatkan ASN Jaga Netralitas

Waisai, PbP – Tiap momen pesta demokrasi di setiap daerah, dimana-mana aparatur sipil negara (ASN) akan menjadi sotoran terkait netralitas. Soalnya, netralitas pegawai ASN ini akan menjadi roh kepercayaan dalam suatu pemerintahan yang netral.

Sekda Kabupaten Raja Ampat, Dr. Yusuf Salim, M.Si mengingatkan kepada seluruh ASN supaya tetap menjaga kenetralan selama proses pesta demokrasi Pilbup tersebut. Netral yang dimaksud yakni, para pegawai ASN dilarang keras untuk mendukung ataupun mengkampanyekan calon pasangan tertentu.

“Netralitas ASN ini, sudah diatur dalam surat keputusan bersama Menteri PANRB, Mendagri, Kepala BKN, Ketua Komisi ASN dan Bawaslu yang terdapat pedoman pengawasan netralitas ASN di Pilkada serentak tahun 2020. Termasuk sanksi-sanksi bagi ASN yang melanggar ada di aturan,” ujar Yusuf Salim, Selasa (22/9).

Dia juga mengakui, pihaknya telah menerima surat dari Bawaslu Raja Ampat tentang adanya beberapa oknum ASN yang terlihat pada waktu deklarasi calon kandidat tertentu beberapa hari yang lalu. Dimana data-data para pegawai ASN tersebut sudah dipegang dan didisposisikan ke inspektorat agar diambil langkah-langkah hukum sesuai pelanggaran.

“Jadi oknum ASN bersangkutan akan dipanggil untuk diklarifikasi dan diberikan teguran secara tertulis atau teguran keras. Sekarang, inspektur bersama timnya sedang buat kajian, jika benar-benar telah melanggar sanksi apa yang akan diberikan bagi ASN itu. Kita juga akan bentuk tim untuk pantau netralitas birokrasi dan ASN pada Pilbup kali ini,” ujarnya.

Sekda mengajak agar seluruh ASN benar-benar menjaga netralitas atau netral. Jika punya idola calon tertentu, silahkan gunakan hak-hak suara dibilik. Jangan terlibat dalam kampanye atau hal-hal lain yang bersifat mendukung calon dan kelompok tertentu.

“Jika melanggar, kami akan beri sanksi dan tidak ada yang disembunyikan,” tegas Yusuf Salim. [TLS-MJ]

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *