SKPP Penting Demi Mencapai Pemilu Berkualitas

“Kerja kelembagaan tidak boleh berhenti, persiapan menghadapi pemilu 2024 sudah harus kita mulai dari sekarang,”

Anggota Bawaslu RI Dr. Ratna Dewi Pettalolo, SH.,MH melakukan kunjungan kerja ke Kota Sorong, Jumat (17/9). Dalam kunjungan tersebut Ratna melakukan serangkaian kegiatan, salah satunya tatap muka dengan komisioner dan staf Bawaslu Kota Sorong.
Dalam pertemuan yang digelar di Kantor Bawaslu Kota Sorong yang dihadiri ketua Bawaslu Papua Barat serta perwakilan Bawaslu se-Sorong Raya, Ratna menekankan sejumlah hal.
Salah satu hal penting yang disampaikan yakni terkait persiapan dalam rangka menghadapi pelaksanaan Pemilu 2024.
Ratna menyebutkan, Pemilu 2024 memang masih cukup lama, namun bagi penyelenggara termasuk Bawaslu harus sudah mulai mempersiapkan diri dari sekarang.
Untuk itu, kepada seluruh Bawaslu jajaran di Papua Barat ia mengimbau agar tetap menjalankan tugas-tugas kelembagaan sebagaimana mestinya.
“Kerja kelembagaan tidak boleh berhenti, persiapan menghadapi pemilu 2024 sudah harus kita mulai dari sekarang,” ujar Ratna.
Ia menjelaskan, sejumlah persiapan yang dimaksud yakni persiapan sumber daya manusia (SDM), kemudian anggaran, sarana dan prasarana pendukung hingga partisipasi masyarakat.
Ia mengatakan, penyiapan SDM melalui program penguatan kesekretariatan sangat penting dalam menjang tugas pengawasan Pemilu. Para petugas atau staf sekretariat harus mampu memahami secara utuh aturan kepemiluan terkhusus masalah pengawasan, pelanggaran hingga penyelesaian sengketa.
“Ketua dan anggota Bawaslu sebisa mungkin harus selalu ada di kantor, berikan pendampingan bagi staf-staf. Bila perlu buat pelatihan secara berkala, sehingga mereka tidak hanya paham surat menyurat atau soal anggaran, tetapi mereka bisa memahami secara utuh aturan kepemiluan yang nanti dampaknya bisa menunjang tugas-tugas pengawasan pemilu oleh Bawaslu,” ucap Ratna.
Selain itu, ia juga menekankan pentingnya, keterlibatan aktif masyarakat secara luas dalam membantu tugas-tugas pengawasan Bawaslu. Program SKPP yang dicanangkan Bawaslu RI harus benar-benar dilaksanakan dengan baik.
“Selain SKPP, Bawaslu di daerah juga bisa menginisiasi kegiatan lain, seperti sosialisasi atau penyuluhan kepada masyarakat, atau kerja sama dengan sekolah, perguruan tinggi, Partai Politik bahkan Ormas.
“Sosialisasi tentang penanganan pelanggaran kenapa penting, karena selama ini masyarakat secara luas termasuk parpol belum memahami secara utuh bagaimana mekanisme penanganan pelanggaran di Bawaslu. Kita berharap pemilu 2024 masyarakat bisa lebih berperan aktif ikut dalam pengawsan, sehingga hasil Pemilu kita bisa lebih berkualitas,” pungkasnya.
Sementara, Ketua Bawaslu Kota Sorong Elias Idie saat menyampaikan ucapan selamat datang, menyebut bahwa pihaknya tetap mengikuti arahan yang disampaikan Bawaslu RI, termasuk kesiapan SDM hingga sosialisasi dan penyiapan sarana-prasarana penunjang.
“Saat ini kami sedang persiapan untuk melaksanakan kegiatann SKPP serta kesiapan lain dalam rangka menyongsong pelaksanaan Pemilu 2024,” ujar Elias sembari menyampaikan selamat datang kepada Anggota Bawaslu RI Dr. Ratna Dewi Pettalolo, SH.,MH di Kota Sorong.
Sebelumnya, Walikota Sorong, Drs. Ec. Lambert Jitmau, menyatakan dukungannya terhadap rencana kegiatan SKPP yang akan digelar Bawaslu Kota Sorong. Walikota bahkan telah menyampaikan kesediaannya untuk mengjadiri acara pembukaan SKPP Bawaslu yang rencananya akan digelar hari ini Senin (10/9) di gedung Drs. Ec. Lambert Jitmau, MM kantor Walikota Sorong. [JOY]

Please follow and like us:
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *