SMP Nusantara Gunakan Sistem Daring Gelar US

Sorong, PbP – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Nusantara mau tidak mau harus melaksanakan Ujian Sekolah (US) dengan sistem daring atau online untuk mengantisipasi penularan Covid-19 atau Virus Corona.

Diwawancara media ini melalui sambungan telepon seluler, Senin (30/3) Kepala SMP Nusantara Arby Mamangsa, S.Pd mengatakan meski Ujian Nasional (UN) dibatalkan,  tapi US tetap dijalankan sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan. “Kita gunakan sistem daring,” katanya.

Sistem ini, Arby menjelaskan bekerja dengan cara seperti video konfrensi, yang bisa  dilakukan di rumah masing-masing siswa,  guru tetap bisa mengawasinya. “Melalui video tersebut akan terlihat anak sedang melakukan apa, sehingga tidak ada istilah menyontek atau mengopek buku pelajaran,” terang dia.

Namun siswa tidak diwajibkan, kata dia, menggunakan baju seragam seperti biasanya, yang penting berpakaian rapi. “Ujian sendiri berlangsung mulai dari tanggal 30 Maret 2020 sampai tanggal 4 April 2020, dengan 2 mata pelajaran yang diuji tiap harinya dan masing-masing mata pelajaran dua jam waktunya. Kalau soalnya berasal dari dinas pendidikan kita. Dan kemarin kita sudah mendapatkannya,” ujarnya.

Disinggung soal kelulusan, Arby mengatakan nilai hasil US, bukan penentu kelulusan. Nilai US hanya salah satu kategori penilaian disamping penilaian dari nilai raport lima semester sebelumnya, kemudian ditambah nilai akhlak para siswa. [GUS-SF]

Please follow and like us:
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *