Tiga Fraksi di DPRD Setujui LKPD 2019

Waisai, PbP – Tiga fraksi DPRD Kabupaten Raja Ampat, menerima serta menyetujui LKPD hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tahun 2019. Pengesahan LKPD ini digelar pada rapat paripurna kedua masa sidang kedua di gedung rapat DPRD Raja Ampat, Jumat (11/09). Meski terima tapi fraksi berikan catatan yang harus di tindaklanjuti oleh eksekutif.

Catatan itu antara lain, meminta eksekutif agar mengevaluasi kinerja BUMD sebab tak mampu menghasilkan pendapatan alias PAD, hanya lah membebani anggaran daerah. Kemudian minta eksekutif segera umumukan CPNS tahun 2018, sehingga tidak jadi sumber konflik Raja Ampat. Lalu, mengevaluasi OPD-OPD yang penyerapan nilai anggarannya rendah.

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Raja Ampat, Abdul Wahab Warwey mengajak semua jajaran eksekutif untuk terus tingkatkan implementasi pengelolaan keuangan daerah sesuai pedoman yang berlaku dan tetap mempertahankan opini wajar tanpa pengecualian (WTP). Sebab, hal ini menjadi apresiasi bagi pemerintah daerah atas predikat WTP tersebut.

“Kita tau Raja Ampat sudah ke 6 kali mendapat prestasi opini WTC dari BPK perwakilan Papua Barat atas laporan keuangan maka tetap dijaga dan dipertahankan. Selaku pimpinan, saya juga ingatkan Raja Ampat akan hadapi Pilkada 2020 ini. Untuk itu, eksekutif harus perhatikan serius kelengkapan dokumen -dokumen pembahasan raperda APBD-P”, ajaknya.

Sementara itu, Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati, SE mengatakan bahwa, pihaknya akan selalu memperbaiki diri dan evaluasi kinerja di pemerintahan. Terutama di dalam penyerapan anggaran, dan penggunaan anggaran, maupun pembelanjaan di daerah. Kemudian akan terus mencoba dan berupanya maksimal tingkatkan pendapatan atau PAD.

“Predikat opini WTP dari pihak BPK perwakilan Papua Barat atas laporan keuangan, tentu akan jadi indikator. Pastinya kami akan trus perbaiki diri, juga evaluasi penyelenggaraan pemerintah di Raja Ampat untuk berusaha semaksimal dan se-optimal mungkin. Apa yang menjadi catatan DPRD, akan kami tindak lanjuti demi perbaikan roda pemerintah”, ujarnya. [TLS-SF]

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *